2 Cara Tradisional Mengatasi Batuk Berdahak Pada Buah Hati

 

Usia anak-anak cukup rentan terkena berbagai macam penyakit. Hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan tubuh pada usia anak seperti ibu hamil dimana masih belum kuat seperti pada orang dewasa. Cara mengobati batuk berdahak pada anak merupakan sesuatu yang penting untuk diketahui oleh para orangtua agar anak tidak terganggu aktivitasnya dikarenakan batuk yang diderita.

Batuk berdahak memang bukan penyakit yang berbahaya, namun penyakit ini juga tidak dapat disepelekan karena akan sangat mengganggu kesehatan anak. Rendahnya sistem kekebalan tubuh yang dimiliki membuat anak sangat rawan mengalami komplikasi saat batuk melanda.

Terdapat begitu banyak hal yang dapat menyebabkan batuk berdahak pada anak. Di antaranya bisa karena virus, alergi, atau gejala dari suatu penyakit kronis. Contohnya, bila anak mengalami alergi udara dingin, maka ia lebih sensitif terserang batuk karena udara dingin akan membuat saluran pernapasan pada anak menjadi sempit dan memproduksi lendir.

Lendir inilah yang menjadi akibat keluarnya dahak pada saluran napas anak. Sebenarnya, batuk sendiri merupakan respon tubuh terhadap masuknya benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Bila tidak segera diatas, kondisi ini dapat mengganggu kesehatan anak termasuk mengakibatkan gangguan pada sistem pernapasannya, serta dapat menghambat tumbuh kembang anak itu sendiri.

Obat tradisional yang pertama untuk mengatasi batuk berdahak pada anak ialah dengan menggunakan jeruk nipis. Sediakan satu setengah sendok makan air perasan jeruk nipis, empat sendok makan madu murni alami, dan segelas air putih.

Cara membuatnya, campurkan semua bahan yang tadi sudah disiapkan lalu aduk sampai rata. Lalu rebus bahan yang telah dicampur dan berikan pada anak sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak secara tradisional.

Cara kedua ialah dengan menggunakan belimbing wuluh. Bahan yang diperlukan yaitu segenggam bunga belimbing wuluh yang masih segar, satu sendok makan gula batu, satu siung bawang merah, seperempat bagian buah pala, dan setengah gelas air. Info lengkapnya ada di link ini.

Cara membuatnya, satu siung bawang merah diiris menjadi 4 bagian, lalu buah pala dipukul sampai menjadi beberapa bagian kecil-kecil. Sesudah itu, campurkan semua bahan ke dalam mangkok kecil dan beri tutup, kukus bahan tersebut selama kurang lebih 60 menit.

Saring air rebusan ramuan tadi dan minumkan pada anak agar batuk berdahak yang dialaminya dapat segera teratasi.