3 Tips Sederhana Membuat Rumah Tahan Banjir

Mau di waktu musim penghujan atau tidak, lingkungan rumah Anda pasti selalu dilanda air tergenang ataupun banjir. Apalagi memasuki waktu musim penghujan, gerimis sebentar saja, air selokan atau sungai pasti langsung meluap. Padahal jika terlalu sering dilanda banjir, bisa-bisa keselamatan penghuni rumah bisa terancam. Tidak hanya itu, beberapa bagian dari rumah Anda juga akan turut terusak.

Solusi Murah Membuat Rumah Tahan Banjir

Menanggulangi banjir yang selalu merusak rumah Anda, tidak harus selalu dengan melakukan renovasi. Meronovasi rumah berulang kali malah akan membuat pengeluaran Anda terkuras habis. Oleh sebab itu, ada beberapa tips sederhana hemat budget yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi banjir. Berikut 3 tips sederhana murah untuk membuat rumah Anda menjadi tahan banjir:

1. Membuat lubang biopori

Apakah Anda pernah mendengar tentang lubang biopori? Lubang biopori sebenarnya merupakan lubang resapan yang berbentuk silindris. Membuat lubang biopori akan sangat efektif untuk menyerap genangan-genangan air sebab ia meningkatkan daya serap tanah terhadap air. Lubang biopori ini bisa Anda buat di halaman rumah Anda baik di halaman depan atau halaman belakang. Jika Anda tidak mempunyai halaman yang luas, Anda bisa membuat lubang biopori ini di depan pintu gerbang Anda.

Membuat lubang biopori ini sebenarnya sangatlah mudah. Pertama, buatlah lubang dengan kedalaman 100 centimeter, setelah itu isi lubang tersebut dengan sampah-sampah organik seperti sisa tanaman atau dedaunan kering.

2. Rutin mengecek saluran pembuangan

Salah satu penyebab terjadinya genangan air adalah tersumbatnya saluran pembuangan air. Maka dari itu, Anda wajib untuk melakukan pengecekan saluran pembuangan secara rutin. Anda bisa melakuannya dengan memeriksa secara seksama apakah di dalam saluran terdapat sampah yang menyumbat atau tidak. Jika ada, Anda wajib membersihkannya. Walau kedengarannya kotor, namun dengan begitu genangan air dipastikan tidak akan terjadi lagi. Berani kotor itu baik, bukan?

3. Membuat Tanggul

Agar Air banjir tidak masuk ke dalam rumah, Anda bisa membuat tanggul di teras depan atau di pintu gerbang dan pintu masuk. Tanggul banjir bisa terbuat dari papan yang dipaku menjadi satu, atau dari tumpukan karung-karung yang diisi pasir.

Perumahan Asri Bebas Banjir Di Balikpapan – Griyakuindahselaras.com