5 Langkah Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Sering Didepan Komputer-

5 Langkah Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Sering Didepan Komputer – Terlalu banyak waktu menatap layar komputer atau perangkat bisa membuat mata lelah, yang jika dibiarkan bisa menjadi gangguan permanen.Dengan banyaknya orang yang menggunakan komputer untuk bekerja, lelah, tegang atau kaku mata menjadi keluhan yang sangat umum. Studi menunjukkan, ketegangan mata dan masalah penglihatan lainnya dialami oleh 50-90 pekerja yang menggunakan komputer.

Berikut lima cara untuk mengurangi beberapa keluhan yang disebabkan oleh Computer Vision Syndrome (CVS Vision Syndrome), peluncuran All About Visions, pada Jumat (22/9/2017).

1. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur

Pemeriksaan mata secara teratur merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk mencegah atau mengatasi CVS.

Menurut National Institute of Occupational Safety and Health, pengguna komputer harus memeriksakan mata mereka sebelum mereka mulai mengerjakan komputer dan setahun kemudian.

Saat memeriksa, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda seberapa sering Anda menggunakan komputer Anda di tempat kerja atau di rumah. Ukur seberapa jauh mata Anda dari layar komputer saat Anda duduk, dan mengambil pengukuran ini saat melakukan pemeriksaan mata.

2. Gunakan cahaya secukupnya

Mata yang tegang juga biasanya disebabkan oleh cahaya yang sangat terang dari sinar matahari yang masuk dari jendela atau lampu di ruangan yang sangat terang. Saat menggunakan komputer, lampu harus 50 persen lebih gelap dari kebanyakan lampu kantor.

Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai. Kurangi cahaya dengan mengurangi jumlah bola lampu. Jika memungkinkan, letakkan layar komputer sehingga jendela berada di samping, bukan di depan atau di belakang Anda.

3. Lebih sering mengedipkan mata

Salah satu penyebab mata lelah adalah karena kurang berkedip. Berkedip sangat penting saat bekerja di depan komputer. Berkedip akan melembabkan mata dan mencegah kekeringan atau iritasi mata.

4. Biasakan melatih mata Anda

Apakah mata terlihat hitam dan lelah? Ini adalah trik untuk melupakannya!
Istirahatkan matamu di antara jam kerja, dan latih matamu untuk disegarkan.
Penyebab lain dari mata tegang adalah karena terus menuju pusat. Untuk mengurangi ketegangan mata karena fokus terus menerus pada layar, ubah tampilan layar minimal selama 20 menit. Coba juga lihat benda yang jauh dari Anda (minimal 6 meter) paling tidak 20 detik.

Latihan lainnya adalah melihat benda jauh selama 10-15 detik, lalu lihat sesuatu yang dekat dengan Anda. Kemudian lihat kembali benda yang jauh. Lakukan ini sampai 10 kali.

5. Lebih sering Beristirahat

Untuk mengurangi risiko dan nyeri CVS di leher, bahu dan punggung, istirahat lebih sering saat mengerjakan komputer. Kebanyakan pekerja hanya beristirahat dua menit selama 15 menit pada siang hari saat mereka mengerjakan komputer.

Tenang saja, perbanyak istirahatĀ ini tidak akan mengurangi produktivitas anda. Sebaliknya, berhenti akan membuat Anda bekerja lebih produktif. Saat istirahat, bangun, bergerak, peregangan tubuh, tangan, kaki, leher dan bahu untuk mengurangi ketegangan. Dan jangan lupa minumĀ Jual Suplemen Fitnes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *