Cara Membuat Anak Anda Nyaman dengan Menciptakan Rumah yang Aman

Saat pertama kali bayi anda lahir, anda akan disibukkan dengan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir dan sekarang setelah ia sudah tumbuh anda juga disibukkan dengan menjaga agar ia terhindar dari penyakit serta kecelakaan yang dihadapi anak bisa bersumber dari tempat yang dipandang paling aman, yakni dirumah.

Ada banyak hal dirumah yang punya potensi membahayakan keselamatan anak. Beberapa hal seperti letak balkon, benda-benda tajam, sampai product memiliki bahan kimia pantas diwaspadai. Tangga serta dapur yaitu tempat kecelakaan paling fatal dapat berlangsung.

Cara Membuat Anak Anda Nyaman dengan Menciptakan Rumah yang Aman

Menghindar Cedera yang Mungkin saja Terjadi

Ketidaksadaran pada resiko yang mungkin saja berlangsung karena tergesa-gesa, sangat semangat waktu bermain, sampai fikiran yg tidak konsentrasi bisa jadi penyebabnya anak alami cedera dirumah. Tetapi ada beberapa langkah yang bisa dikerjakan untuk meminimalisasi resiko kecelakaan.

Di bawah ini yaitu beberapa jenis cedera yang mungkin saja berlangsung serta antisipasi yang dapat dikerjakan.

1. Jatuh

Jatuh yaitu cedera yang paling umum dihadapi oleh anak-anak dirumah. Anda bisa mengatur beberapa hal spesifik untuk kurangi peluang si Kecil terjatuh serta terluka.

  1. Gunakan pengait pada jendela untuk menghindar ada ruangan untuk anak untuk menyelusup keluar, terlebih di lantai atas.
  2. Jauhi meletakkan kursi atau apa pun yang bisa dipanjat berdekatan dengan jendela, begitu halnya balkon.
  3. Yakinkan juga pintu menuju balkon senantiasa terkunci.
  4. Pada tangga sisi tertinggi, letakkan pintu yang gagangnya tidak bisa terjangkau anak-anak hingga kurangi resiko mereka menuruni tangga tanpa ada pengawasan.
  5. Yakinkan ada pegangan dan pencahayaan di selama anak tangga. Yakinkan juga tak ada barang pada anak tangga yang bisa membuatnya terpeleset.
  6. Baiknya letakkan semuanya perlengkapan melekat pada tembok serta tidak melintang di dalam ruang, hingga kurangi resiko terantuk.
  7. Letakkan alas kaki karet yang bisa menghindar balita tergelincir di kamar mandi yang licin.
  8. Juga lapisi ruang main anak dengan alas karet didalam tempat tinggal atau pasir bila diluar tempat tinggal.
  9. Cocokkan permainan anak dengan usianya. Terlebih bila melibatkan kesibukan memanjat.

2. Tersedak serta tercekik

Balita serta anak-anak sukai memasukkan benda apa pun ke mulut. Tidak kecuali benda kecil yang bisa buat mereka tersedak seperti kelereng, kancing, atau permen. Di bawah ini yaitu langkah yang bisa di ambil dirumah supaya si Kecil terlepas dari bahaya seperti itu.

  1. Minimalisasi baju atau mainan berkancing serta bertali pada anak. Bila ada kancing, yakinkan benda itu ada pada tempat kuat, tidak gampang terlepas atau berisiko tertelan olehnya. Tali atau pita panjang dapat juga buat mereka terlilit bila tengah bermain tanpa ada pengawasan.
  2. Jauhkan tali, kantong plastik, dan benda-benda kecil seperti biji-bijian dari jangkauan anak-anak. Tali setiap saat bisa mereka ikatkan pada leher sendiri atau rekan bermainnya. Begitu halnya kantong plastik.
  3. Atur kabel yang menjulur serta tirai yang menyentuh lantai hingga tidak jadi bahan mainan anak.
  4. Jauhi menempatkan bantal atau boneka memiliki ukuran besar ditempat tidurnya. Benda ini bisa menerpa serta buat mereka tersedak waktu tidur.
  5. Jauhi menggantung tas dengan tali panjang, terlebih bila bisa dijangkau oleh anak.
  6. Jauhi menempatkan tali atau kabel pada ruang bermain. Mereka bisa mencapai serta memainkannya.

3. Terbakar atau luka karena benda panas

Anak yang belum juga mengerti konsekwensi dapat berasumsi api, listrik, atau benda panas jadi mainan. Terkecuali mengikuti anak, terlebih saat mereka merajut kontak dengan benda-benda beresiko ini, ada banyak hal yang lain yang bisa dikerjakan untuk menghindar cedera.

  1. Matikan semuanya saklar serta cabut semuanya sambungan listrik sebelumnya Anda pergi tidur atau sebelumnya meninggalkan tempat tinggal. Gunakan penutup pada kotak sambungan listrik, terlebih yang terpasang di ruang yang terjangkau oleh anak.
  2. Jauhkan benda-benda pencipta udara panas serta api seperti korek api, kompor, setrika, alat pelurus rambut dari jangkauan anak-anak. Selekasnya matikan demikian tidak dipakai atau saat Anda beranjak sesaat dari tempat pemakaian.
  3. Air panas seringkali mengakibatkan luka bakar pada anak. Senantiasa dampingi anak waktu kontak dengan air panas. Jauhi membiarkan anak menuangkan air minumnya sendiri. Demikian juga waktu mandi dengan air panas, yakinkan airnya tidaklah terlalu panas dengan memeriksanya terlebih dulu. Jauhkan wadah air panas waktu tidak dipakai dari jangkauan anak. Jauhi memakai taplak meja di bawahnya yang berisiko mereka tarik.

Semakin lebih baik untuk menghindari anak dari dapur, tempat yang punya potensi berlangsung kecelakaan seringkali berlangsung. Anda bisa meletakkan pagar yang susah di buka anak-anak pada pintu dapur.

4. Keracunan

Biasanya keracunan pada anak melibatkan product rumah tangga, obat-obatan, serta kosmetika. Anda bisa coba bertindak mencegah tersebut.

  1. Taruh semuanya product memiliki bahan kimia dari mulai obat-obatan, rokok, cairan pembersih lantai, sampai kosmetik didalam tempat yang dikunci.
  2. Jauhi mengubahkan cairan bahan kimia ke wadah beda seperti botol air minum sisa. Anak bisa menyangkanya jadi minuman.
  3. Selekasnya buang semuanya product yang mendekati batas kedaluarsa.
  4. Untuk kurangi resiko keracunan, Anda bisa memakai pembersih berbahan alami. Seperti memakai cuka putih untuk membunuh kuman di kamar mandi. Tuangkan cuka dalam botol semprot, lalu semprotkan pada semua permukaan kamar mandi, termasuk juga wastafel serta gagang pintu.
  5. Benda-benda baru seperti karpet serta tempat tidur baru seringkali keluarkan aroma spesifik. Aroma ini sesungguhnya yaitu bau bahan kimia seperti volatile organic compounds (VOC) serta polybrominated diphenyl ethers (PBDEs) yang seringkali bisa mengakibatkan sakit kepala, iritasi mata, hidung, atau sakit tenggorokan. Baiknya bersihkan semuanya benda baru terlebih dulu sebelumnya dipakai, dan pakai product yang rendah kandungan VOC.
  6. Tentukan mainan serta alat pewarna anak dengan label anti toksin. Jauhi mainan dengan pewarna yang gampang terkelupas, ataupun yang memiliki bahan logam serta keramik.
  7. Cermati mainan outdoor dari kayu yang memiliki kandungan bahan arsenik. Bahan ini bisa tingkatkan resiko kanker pada anak.

5. Luka karna benda tajam, terjepit, terbentur

Luka karena benda tajam seperti pecahan kaca bisa berlangsung setiap saat dirumah, waktu anak bermain, terbentur, atau menjatuhkan barang. Di bawah ini yaitu aksi yang bisa dikerjakan untuk meminimalisasi cedera :

  1. Anda bisa melapisi kaca pada jendela, pintu, atau meja Anda dengan susunan film tahan pecah.
  2. Baiknya letakkan binatang piaraan seperti anjing atau kucing diluar tempat tinggal untuk hindari resiko mereka mendadak melompat serta menerpa si Kecil.
  3. Senantiasa bungkus pecahan kaca dalam kertas koran yang tidak tipis sebelumnya dibuang ke tempat sampah.
  4. Jauhi memberi benda yang terbuat dari kaca, seperti gelas beling, pada balita.
  5. Taruh pisau, gunting, atau cutter didalam laci yang terkunci.
  6. Pakai penahan pintu untuk menghindar jari anak terjepit.
    Lapisi ujung meja atau kursi yang tajam untuk menghindar anak terluka waktu terbentur.

6. Tenggelam

Balita bisa terbenam didalam bak mandi atau kolam air dengan tinggi terbatas meskipun. Senantiasa dampingi anak waktu mandi serta bermain, dan senantiasa aplikasikan beberapa hal tersebut.

  1. Buang air bak mandi waktu tidak dipakai.
  2. Bila tidak tengah dipakai, Anda bisa meletakkan penutup di bagian atas bak.
  3. Baiknya kunci pintu menuju ke kolam renang atau gunakan alarm yang juga akan berbunyi bila anak tercebur.
  4. Letakkan telepon pada bagian kolam renang supaya bisa dipakai di waktu darurat.

Lepas dari beragam aksi mencegah diatas, untuk kurangi resiko anak terkena penyakit, senantiasa bersihkan tempat tinggal dengan teratur, terlebih karpet bermain yang berisiko menyebabkan masalah pernafasan.  Selekasnya bersihkan piring serta alat masak yang sudah terpakai. Bersihkan juga wadah yang bisa menyimpan air serta punya potensi jadi sarang perkembangbiakan nyamuk.

Diluar itu, tuliskan semuanya nomor telepon kritis darurat ditempat yang gampang tampak, seperti melekatkannya di pintu almari pendingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *