Corona Arsip

Banyak dari mereka yang mengapresiasi GeNose C19 karena lebih praktis, tidak sakit dan murah dibanding alat skrining Covid-19 lainnya. Sayangnya, usai memperoleh izin edar dan dipasarkan, beberapa pihak justru mengambil keuntungan dari GeNose terutama tentang penetapan harga jual di pasaran yang beragam. Salah satunya seperti yang dijual di salah satu situs belanja on-line tanah air baru-baru. Angka tes tersebut bisa semakin meningkat bila produksi GeNos bisa mencapai 10 ribu unit , maka Indonesia akan menunjukkan jumlah tes COVID-19 per hari terbanyak di dunia, yakni 1,2 juta orang per hari. Optimalisasi GeNose diharapkan bisa terwujud bila dilakukan secara tepar sasaran, seperti di bandara, stasiun kereta, dan tempat keramaian lainnya termasuk di rumah sakit, termasuk ke BNPB yang dapat cell mendekati suspect COVID-19.

Namun demikian, Kuwat menegaskan, penggunaan GeNose tidak memungkinkan untuk keperluan pribadi. Contohnya, di Bandara, stasiun kereta api, dan tempat keramaian lainnya termasuk di rumah sakit. Termasuk ke BNPB yang dapat mendekati tempat-tempat dengan suspect Covud-19.

Selain cepat melakukan deteksi dan memiliki akurasi tinggi, penggunaan alat ini lebih terjangkau dibandingkan dengan tes usap PCR. Satu unit GeNose yang diperkirakan seharga Rp40 juta dapat digunakan untuk 100 ribu pemeriksaan. GeNose adalah alat pendeteksi ada tidaknya virus corona covid-19 dengan hembusan nafas yang hasil tesnya bisa diketahui dalam waktu 2 menit. Harapan ini dapat diwujudkan, kata Kuwat, bila distribusi GeNose C19 dilakukan tepat sasaran. Misalnya di bandara, stasiun kereta, serta tempat keramaian lainnya termasuk di rumah sakit.

Setelah pengujian itu, otak mesin tersebut telah dikunci untuk mendeteksi senyawa yang berbahaya khususnya COVID-19. Namun, akurasinya masih belum sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia . Kemampuan alat ini mendeteksi individu yang benar-benar negatif Covid-19, atau spesifisitas, baru sebesar 94%. “Saat ini KAI masih menunggu regulasi Tembak Ikan Terpercaya lebih lanjut dari pemerintah terkait penggunaan GeNose C19 tersebut pada moda transportasi umum,” ujar Joni. Sejumlah klaster persebaran corona diduga berasal dari warga yang pulang dari Kabupaten Kudus. Dengan demikian, pernyataan GeNose dapat mendeteksi COVID-19 hanya dalam waktu 10 detik merupakan informasi yang kurang tepat.

Namun, tetap alat ini perlu pengembangan teknolodi lebih lanjut agar maksimal dalam mendeteksi Covid-19 datal tubuh. Satgas Covid-19 meresmikan bahwa bagi siapapun yang ingin melakukan perjalanan dalam negeri, menyertakan hasil tes Covid-19 yang menggunakan alat GeNose bisa jadi alternatif selain RT-PCR dan speedy antigen. Belum lama ini, muncul keberadaan alat tes Covid-19 terbaru yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Eng Kuwat Triyana bersama tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada , Yogyakarta, Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo menambahkan jangan sekali-kali meremehkan Covid-19 karena sudah lebih dari 37 juta orang tertular di seluruh dunia. Dia juga meminta setiap orang untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia juga membuat alat bernama RT-LAMP turbidimetry yang bisa menjadi alat fast swab test.

Kuwat menjelaskan biaya tes dengan GeNose C19 cukup murah hanya sekitar Rp ribu. Hasil tes juga sangat cepat yakni sekitar 2 menit serta tidak memerlukan reagen atau bahan kimia lainnya. Selain itu, pengambilan sampel tes berupa embusan napas juga dirasakan lebih nyaman dibanding usap atau swab. Ia menjelaskan nantinya biaya tes dengan genose C19 cukup murah hanya sekitar Rp15-25 ribu. Selain itu, pengambilan sampel tes berupa hembusan nafas juga dirasakan lebih nyaman dibanding usap atau swab.

Alat deteksi Covid murah

GeNose adalah alat deteksi Covid-19 yang bekerja dengan mendeteksi risky organic compound . Pasien cukup mengembuskan napasnya ke kantung khusus dan dalam hitungan menit, hasilnya bisa keluar. Namun alat canggih ini menjadi harapan baru bagi masyarakat untuk bisa melakukan tes Covid-19 dengan biaya yang murah. Menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak tidak boleh dilalaikan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko tertular virus corona.