Executive Search Indonesia: Apa Saja Manfaat dari Bonus Perusahaan

Dikutip dari situs potentiahr.com, konsultan executive search Indonesia: Memenuhi hak-hak karyawan adalah kewajiban setiap perusahaan, seperti balas jasa atau kompensasi atas semua yang telah dikerjakan karyawan. Apalagi, peran karyawan sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Dalam dunia kerja, ada 2 faktor yang bisa memberikan pengaruh atas performa seorang karyawan, yaitu daya dorong dan kemampuan. Dalam hal kemampuan, seorang karyawan dilihat dari kualifikasi yang dimiliki, contoh pendidikannya atau pengalaman kerja selama ini. Sedangkan untuk daya dorong, hal ini bisa timbul dari lingkungan kerja atau diri sendiri. Dalam hal daya dorong yang timbul akibat lingkungan kerja, hal ini bisa akibat dari faktor kepemimpinan atau pun hal-hal lainnya.

Menurut seorang executive search consultant, seorang pemimpin punya peran besar dalam meningkatkan daya dorong karyawan agar bisa berprestasi dalam pekerjaannya. Itu makanya, seorang pemimpin harus cermat sewaktu memilih alat atau sarana yang bisa menumbuhkan semangat kerja bawahannya. Memberikan kompensasi adalah salah satunya. Jika pemberian kompensasi benar prosesnya, karyawan akan puas dan bisa ter-motivasi mencapai target.

headhunter

Dalam hal pemberian kompensasi, memberi bonus adalah alternatif yang bisa menumbuhkan performa staf. Bonus adalah upah tambahan disamping gaji tetap yang diberikan ke karyawan sebagai penghargaan atas pencapaian yang telah dilakukan. Bonus diberikan sewaktu seorang karyawan mampu melebihi target yang sudah ditetapkan perusahaan. Bonus bisa diberikan sewaktu-waktu, dan oleh karenanya tidak menjadi suatu keharusan atau suatu ikatan untuk waktu-waktu berikutnya.

Pemberian bonus dilakukan atas dasar hasil kerja, dan tanpa menghitung berdasarkan gaji. selain itu, besaran bonus bisa bervariasi. Itu sebabnya, besaran bonus tidak selalu sama antar karyawan. Mungkin saja, ada bonus yang diterima dengan jumlah besar, tapi ada juga yang bonus-nya kecil atau bahkan tidak mendapatkan sama sekali.

Nah dengan bonus ini, perusahaan berharap karyawan lebih ter-motivasi untuk memberikan performa yang terbaik. Uang kaget ini tidak hanya mampu memberikan rasa puas terhadap karyawan, tapi juga memotivasi seluruh karyawan agar giat dalam bekerja. Di samping itu, pemberian bonus dinilai sangat fleksibel dan tidak memerlukan banyak dokumentasi.

Pemberian bonus tidak melulu untuk meningkatkan semangat kerja, tapi juga untuk menyejahterakan karyawan. Jika karyawan sejahtera, maka mereka akan baik secara fisik dan mental. Dengan begitu, rasa aman dan tenteram, semangat kerja, disiplin, dedikasi dan loyalitas akan tercipta dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *