Harga Sapi Qurban 2017 dan Syarat Syahnya

Berqurban adalah ibadah yang bisa dilakukan umat Islam setahun sekali pada saat perayaan ibadah haji yaitu di hari raya Idul Adha. Pada saat itu hewan ternak di niatkan untuk disembelih sebagai hewan qurban dimana dagingnya akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, bukan hanya untuk umat Islam namun untuk masyarakat pada umumnya. Meski begitu, tak sembarang hewan ternak bisa dijadikan hewan untuk berqurban. Hanya unta, sapi, kambing dan domba saja yang sah untuk dijadikan hewan qurban sesuai dengan ajaran agama.

 

Dari keempat hewan ternak tersebut, di Indonesia sendiri hanya ada 3 jenis yang paling banyak digunakan untuk berkurban yaitu sapi, kambing dan domba. Domba pun jarang sekali yang menggunakannya karena memang peternakan domba masih jarang. Masyarakat lebih banyak membeli sapi atau kambing untuk dijadikan hewan qurban. Diantara keduanya, pasti sapilah yang menjadi pilihan lebih baik jika dilihat dari faktor kesehatan.

 

Sapi memiliki daging yang lunak dan gurih yang lebih banyak disukai masyarakat dibandingkan daging kambing. Selain rasa dan kaldunya, daging sapi juga dinilai lebih menyehatkan karena memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. Dengan mengkonsumsi daging sapi, kebutuhan akan protein dan mineral bisa dipenuhi namun tidak banyak menimbun lemak dan kolesterol seperti pada daging kambing. Meski begitu harga sapi qurban 2017 pastinya lebih mahal dibandingkan kambing, harga sapi tahun ini dijual di angka Rp. 15 juta hingga Rp. 40 juta rupiah tergantung dari bobot dan jenisnya.

 

Bagi Anda yang ingin membeli sapi untuk dijadikan hewan qurban, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dari si calon hewan qurban tersebut yang harus Anda teliti terlebih dahulu yaitu:

 

  • Usia sapi.

Pastikan sapi telah berusia minimal 2 tahun dengan cara menunjukkan tanda-tanda sapi dewasa. Anda juga bisa bertanya langsung pada si peternak atau penjual.

 

  • Tidak ada cacat tubuh.

Cacat tubuh tidak diperbolehkan ada pada hewan qurban. Anda harus meneliti betul apakah jumlah anggota badan termasuk gigi lengkap.

 

  • Kondisi fisik.

Pastikan sapi dalam kondisi sehat yang dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Jangan mau memilih sapi yang sedang belekan, ingusan atau bersin-bersin dan menunjukkan gejala sakit lainnya.

 

Belilah sapi sebelum hari H dan mintalah penjualnya mengantar ke masjid atau rumah Anda sebelum hari H. Setelah selesai shalat Idul Adha, bawalah sapi Anda pada panitia Qurban untuk disembelih nantinya. Jangan lupa membaca niat beribadah qurban agar ibadah Anda menjadi sah tanpa kurang suatu apapun. Ikhlas serta tidak sombong adalah menjadi kunci diterima atau tidaknya suatu ibadah karenanya jagalah hati dari keinginan untuk dipuji karena melakukan ibadah kurban. Mintalah sebagian potongan daging hewan qurban Anda untuk dikonsumsi bersama keluarga seperti yang disarankan agama.