Kalbe Farma Kembangkan Alat Diagnosis Covid

Tidak hanya itu, sampel air liur ini juga disebut lebih mudah untuk mengoptimalkan testing karena bisa menjangkau daerah terpencil. Meski demikian, Kroll mengatakan hasil tes saliva tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya metode diagnosa pasien COVID-19. Dikutip dari Reuters, Singapura telah menyetujui menggunakan alat tes COVID-19 dari Advanced MedTech Holdings untuk digunakan dalam menguji air liur dari dalam tenggorokan. Sampel air liur yang dikumpulkan sendiri sama baiknya dalam mendeteksi COVID-19 seperti swab hidung yang diberikan oleh petugas kesehatan.

Karena menggunakan sampel air liur, pengguna dapat terhindar dari risiko seperti muntah atau hidung sensitif. Kini sudah tersedia alat tes Covid-19 yang mudah namun akurat dengan metode RT LAMP Saliva. “Peluncuran tes Diagnostik COVID-19 dengan sampel saliva menjadi upaya dan komitmen Kalbe untuk terus mendukung pemerintah mengatasi pandemi COVID-19,” ujar Sie Djohan. Tembak Ikan Terpercaya Tes virus corona Covid-19 yang dikembangkan Vatic ini hanya menggunakan kapas yang berfungsi mengumpulkan air liur dari sisi pipi, bukan dari atas hidung. “Kami sedang berupaya untuk mencoba mencari alternatif pemeriksaan usap , yaitu pemeriksaan dengan menggunakan air liur atau saliva. Tentunya ini lebih nyaman bagi orang yang diambil sampelnya,” ujarnya.

Kami berkomitmen untuk menjadi perusahaan produk diagnostik yang berkualitas tinggi dan terus melakukan penyempurnaan hasil, dengan didukung oleh inovasi, tenaga ahli molekuler terlatih dan manajemen yang prima. PT Kalgen DNA memiliki ijin produksi dan distribusi dari Kementrian Kesehatan RI dan mengikuti kaidah-kaidah produksi alat kesehatan yang baik sesuai dengan CPAKB dan ISO 13485. Hal itu dilakukan untuk melihat apakah air liur pasien itu terpapar Covid-19 atau tidak. Eli Schwartz, salah satu peneliti di Pusat Medis Sheba, yang memimpin uji coba, mengatakan alat deteksi yang dikembangkan lebih mudah digunakan daripada usap PCR yang selama ini biasa digunakan. Baik tes cepat maupun tes lambat, hanya dilakukan oleh orang yang direkomendasikan oleh petugas kesehatan.

Tes RT Lamp merupakan tes molekuler dalam kategori NAAT yang sama dengan RT PCR dan Tes Cepat Molekuler . Itu artinya, sebagai tes molekuler, akurasi metode RT Lampini jauh lebih baik dibandingkan fast check antigen yang mendeteksi protein virus. Adalah PT Kalbe Farma , perusahaan yang menghadirkan alternatif alat tes deteksi virus Covid-19 dengan metode RT LAMP. Metode baru ini dinilai lebih nyaman dan praktis karena sampelnya diambil dari air liur. KOMPAS.com – Dalam upaya mempercepat testing Covid-19, para peneliti dalam negeri telah membuat inovasi diagnostik terbaru dengan menggunakan sampel air liur yang dianggap memiliki akurasi yang tidak kalah dengan PCR. Studi melibatkan 285 karyawan Memorial Sloan Kettering yang memiliki gejala yang konsisten dengan COVID-19 atau memerlukan pengujian karena kemungkinan terpapar seseorang yang positif Corona.

Alat deteksi Covid dari air liur

BORNEONEWS, Jakarta -Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro memberikan dukungan atas inovasi perangkat RT LAMP Saliva yang menggunakan sampel air liur untuk mempermudah deteksi infeksi COVID-19 di Tanah Air. Hasil tes Covid-19 dengan sampel air liur milik PT Kalbe Farma ini diklaim akurat. Direktur PT Kalbe Farma Tbk Sie Djohan mengklaim hasil tes ini akurat dan relatif lebih nyaman saat digunakan dibandingkan dengan RT-PCR. Tak hanya itu, kata dia, tes ini dapat dengan mudah dilakukan di laboratorium atau klinik pada umumnya. Laboratorium Klinik Kalgen Innolab adalah laboratorium klinik utama milik PT Innolab Sains Internasional, perusahaan Joint Venture antara PT Kalbe Farma Tbk dengan Toyota Tsusho Corporation dan Health Sciences Research Institute, Inc. Jepang yang memiliki visi untuk menjadi Laboratorium Klinik Rujukan unggulan di Indonesia.