Kalbe Farma, Perusahaan Farmasi Milik Konglomerat Boenjamin Setiawan Ini Luncurkan Tes Covid

Tes aliran lateral lainnya, seperti tes kehamilan sudah digunakan untuk mendeteksi virus corona Covid-19. Para ahli di Public Health England dan Oxford University pun mengatakan tes melalui air liur ini tidak seakurat tes laboratorium. Perusahaan di Inggris mengembangkan tes air liur yang bisa mendeteksi virus corona Covid-19 dalam 15 menit. Selain itu ada RT-LAMP Test Kit Covid-19 Detection, alat tes cepat COVID-19 untuk deteksi IgG/IgM, dan alat tes cepat berbasis antigen. Akterono mengatakan tes RT Lamp menggabungkan metode tanpa ekstraksi RNA untuk memproses saliva dan metode RT Lamp untuk mendeteksi SARS-CoV-2.

Yakni dengan meluncurkan alat tes Covid-19 yang metodenya menggunakan air liur atau metode Sampel Saliva. Pusat Medis Sheba yang terletak di luar Kota Tel Aviv, telah bermitra dengan pengembang perangkat medis, Israel Newsight Imaging, untuk secepatnya meluncurkan alat deteksi tersebut ke pasaran. Perusahaan mengatakan mereka sedang dalam proses mendapatkan persetujuan terkait regulasi. Setiap tes kabarnya jika dihitung dengan uang rupiah hanya sebesar Rp 5.000. Karena ada banyak kondisi medis yang dapat meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mempertimbangkan tes antibodi, jika memiliki riwayat penyakit alergi atau penyakit lain yang sering kambuh.

Selain itu juga, sebelum menjalani proses skrining, Anda akan diminta terlebih dahulu menjalankan puasa selama 30 menit saja. Hal ini berguna untuk tidak mengganggu hasil tes yang di dapatkan dari air liur. Selain itu, pemeriksaan sampel air liur saliva hanya membutuhkan tenaga laboratorium dengan kemampuan dasar teknis aseptik dan prinsip kerja di fasilitas molekuler.

Tes ini biasanya dilakukan untuk memantau apakah tubuh Anda masih memiliki kekebalan terhadap kuman atau virus tertentu setelah Anda menjalani vaksinasi. Dengan demikian, jika antigen tersebut kembali masuk ke dalam tubuh atau menyerang tubuh Anda, sistem kekebalan tubuh akan mudah mengenalinya dan melakukan perlawanan karena antibodi sudah terbentuk lebih dulu. Namun, jumlah antibody IgE akan meningkat ketika tubuh mengalami reaksi peradangan akibat alergi. Secara medis, pemeriksaan antibodi IgE dilakukan untuk mendeteksi penyakit alergi dan infeksi parasit. “SPR ini dikembangkan sebagai metode alternatif (pendeteksi COVID-19) yang diharapkan memiliki akurasi yang baik setara dengan PCR.

Metode ini dinilai lebih aman karena bisa meminimalisir terjadi penyebaran virus pada staf medis saat mengumpulkan sampel. Henry mengatakan, tes saliva ini memiliki akurasi yang setara dengan tes PCR. Namun demikian, untuk dinas atau perjalanan ke luar negeri, Anda harus melihat lagi kebijakan masing-masing negara. Mereka mendesain studi pada 38 pasang swab nasofaring dan saliva dari pasien rawat inap virus corona untuk dites RT-PCR.

Namun jika muncul gejala Covid-19 maka diharuskan untuk ke rumah sakit untuk deteksi keberadaan virus di tubuh. Hal ini dikhawatirkan, orang dengan standing sehat, justru akan tertular virus. Tes cepat atau disebut rapid test karena diperlukan waktu satu jam untuk menerima hasilnya. Tes dengan mengetahui RNA virus ini termasuk tes virus yang tergolong lambat.

Henry lebih lanjut memaparkan InnoLAMP mengambil materi genetik virus seperti halnya RT-PCR. Sementara jika melakukan tes rapid antigen, hanya protein virus yang bisa dideteksi. RT LAMP Saliva juga berdampak pada harga tes yang menjadi ekonomis karena biaya yang dibutuhkan menjadi berkurang dengan tidak harus menggunakan laboratorium spesifik dan mesin khusus seperti pada RT-PCR.

Alat deteksi Covid dari air liur

Agar masyarakat tidak bingung prognosis yang tepat untuk virus ini, perlu adanya pengetahuan mengenai tes Covid-19. Pengerjaan tes dengan RT-PCR juga cukup panjang dan kompleks yang membutuhkan laboratorium dan mesin khusus, serta durasi tes bisa sekitar 2-3 hari dan harga yang dibanderol untuk tes itu relatif mahal. Alat tersebut diklaim memiliki sensitivitas ninety four persen dan spesifitas 98 persen, dengan hasil Judi Online dapat diperoleh dalam kurun sekitar 1,5 jam. RT LAMP Saliva merupakan hasil pengembangan dalam negeri unit riset dan pengembangan PTKalbe Farmayaitu Stem CelI and Cancer Institute dan telah melalui uji performa analitik dan klinis di dalam negeri. “Kita memprioritaskan air liur, karena air liur ini akan dipergunakan untuk rumah sakit. kalau yang darah katanya, saya bukan ahlinya ya, bisa dipergunakan oleh siapa pun dan standarnya juga saya tidak tahu.