Kemarau Panjang di Trenggalek

Kemarau Panjang di Trenggalek. Kemarau panjang yang berdampak pada kekeringan sawah, terjadi di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Akibat kekerigan itu warga kekurangan air bersih dan petani  tidak bisa mengairi sawahnya. Dikhawatirkan para petani terancam gagal panen. Keberadaan ini membuat semuanya harus bersabar Berita Kediri karena kondisi kemarau sudah melanda semuanya diharap bisa mengerti dengan kondisi seperti ini meski semestinya tidak semuanya bisa diadapai oleh setiap orang yang ada. Kekeringan di Kecamatan Gandusari, membuat lahan  mengering dan tanah pecah serta membongkah. Sehinga banyak sawah Berita Kediri yang tidak bisa ditanami padi alias petani tidak  panen. Dampaknya nanti bakal mengarah pada kebutuhan sembako menjadi berkurang atau menipis dan harga akan tinggi.

Lahan sawah di Gandusari yang sebagian besar mengering, terpaksa dibiarkan alias tidak diolah. Penyebabnya tidak ada aliran air. Karena itu, banyak petani bekerja ke tempat lain atau beralih profesi ketimbang mengurus sawah, demi menghidupi keluarganya. Keluarg memang sedang membutuhkan air Berita Kediri untuk bisa menghidupi terutama untuk kebetuhan mandi setiap harinya. Sehingga diarapan bisa membantu semuanya. Ritwan (43), petani dari Desa/Kecamatan Gandusari saat dikonfirmasi, Minggu (2/8), mengatakan,sejak panen raya beberapa Berita Kediri hari lalu, lahan sawahnya terpaksa dibiarkan, karena tidak ada aliran air. Biasanya, sehabis panen padi lahan ditanami polowijo dengan menggunakan diesel untuk pengairannya. “Karena, sawah di sini mengandalkan hujan (tadah hujan) karena tidak adanya aliran sungai yang bisa mengairi sawah,’’akunya.

Meskipun, hasil panen kemarin lumayan baik namun kini sawah tidak bisa ditanami karena mengering. Meski diairi dengan diesel tidak akan mencukupi. Apalagi sumur di sawah  airnya juga banyak yang mengering. “Terpaksa kami alih pekerjaan sambil menunggu hujan tiba,”jelas Ritwan. Kondisi ini nyatanya Berita Kediri memang tidak mempengaruhi hasil poanennan warga sekitar melihat hal inilah seharusnya disadarkan akan sebuah mimpi yang tidak hanya bisa dimengerti oleh siapun. Maka tidak baik jika tidak mengerti kepada siapa sebenarnya kemauan itu diberikan kepada sapapun nantinya. Ini untuk kebaikan bagi semuanya yang tidak akan bisa dimengerti inilah yang akan bisa diketahui oleh semuanya yang ada di sekitar makhluk hidup lainnya. Semunay membutuhkan itulah karena sudah tidak akan bisa lagi dimengerti oleh dia ayau kamu. Kekeringan juga terjadi di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Kabupaten Trenggalek sebagian besar wilayahnya pegunungan. Sejak beberapa pekan,banyak warga di dataran tinggi yang  kekurangan air. Hal ini akan menjadi pekerjaan khusus bagi Pemerintah Daerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *