Mengenal Alat Kesehatan Di Ruang Operasi Rumah Sakit

Ada beragam jenis dan model alat kesehatan di ruang operasi rumah sakit di berbagai daerah. Walaupun terdapat perbedaan kelengkapan di masing – masing rumah sakit. Namun secara umum list alat kesehatna ruang operasi adalah sama yaitu berbagai macam instrument yang berfungsi secara khusus untuk menunjang proses pelayanan operasi di rumah sakit dan klinik.

alat kesehatan di ruang operasi

Di kesempatan ini, saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman mengenai beberapa jenis alat kesehatan yang berada di dalam ruang operasai rumah sakit. Alat ini secara khusus digunakan untuk kebutuhan dan keperluan ruangan tersebut. Apa sajakah itu ? Coba simak pembahasannya di tulisan singkat ini.

Macam Alat Kesehatan di Ruang Operasi

1. Meja Operasi

Satu alat yang wajib ada di dalam ruangan ini adalah, meja operasi atau dalam bahasa inggris disebut juga “Operating table”. Alat ini secara umum berfungsi untuk meletakkan pasien yang akan menjalani operasi. Meja ini didesain dengan model yang telah disesuaikan berdasarkan standar internasional.  Bila kita mencari informasi di toko alat kesehatan yang jual meja operasi, harga meja ini ternyata bisa mencapai ratusan juta rupiah. Sebuah angka yang cukup besar tentunya.

2. Baju Operasi

Selain ala – alat elektromedik seperti lampu operasi, mesin anestesi dan lainnya. Ada juga peralatan yang lain yang itu selelu digunakan saat melakukan tindakan operasi. Apa itu, yaitu baju operasi. Baju ini biasanya terbuat dari kain atau dari plastik dengan warna hijau, biru atau terkadang putih. Bagaimanapun alat ini juga peting untuk melindungi dokter dari kemungkinan penulaaran penyakit.

3. Instrument Bedah

Operasi bisa sangat identik dengan pembedahan. Secara otomatis di dalam ruangan tersebut terdapat alat – alat bedah. Memang benar, salah satu alat kesehatan yang selalu digunakan dalam proses operasi adalah instrument bedah. Alat ini biasanya terdiri dari satu set alat – alat seperti gunting bedah, pisau bedah, benang dan berbagai macam alat lainnya.

Nah itulah beberapa contoh dan penjelasan alat kesehatan di ruang operasi rumah sakit dan klinik. Sekian, semoga bermanfaat. Apabila anda membutuhkan informasi mengenai harga pasti alat – alat tersebut, anda bisa kunjungi www.gloryamedica.com