Mengetahui Pentingnya Serat Bagi Kesehatan Tubuh

Mendapatkan asupan serat di tubuh kita sangat penting sehingga membantu mencegah sembelit dan mengatur berat badan kita. Ini juga dapat membantu mencegah beberapa penyakit seperti kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

makanan serat

Jumlah serat yang dibutuhkan sehari adalah 25 sampai 38 gram. Kebanyakan orang makan kurang dari 15 gram sehari. Lembaga pengobatan merekomendasikan pria berusia di bawah 50 untuk makan 38 gram dan wanita 25 gram. Dewasa lebih dari 50, pria 30 gram dan wanita 21 gram serat.

Ada dua jenis serat, larut dan tidak larut dan keduanya sangat membantu Anda. Serat tidak larut membantu usus dan fungsi usus besar dengan benar, dengan menghidrasi dan membantu sisa-sisa makanan bergerak melalui usus Anda, yang membuat Anda tetap teratur buang air besar dan jarang mengalami konstipasi.

Serat larut mencerna perlahan dan membantu mengurangi kolesterol dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Baik serat larut maupun tidak larut sangat penting dan kebanyakan makanan kaya serat memiliki keduanya.

Kurangnya serat dalam makanan Anda dapat menyebabkan:

Konstipasi; Mendapatkan tinja keras Serat membantu melembutkan tinja dan membantu menggerakkan sampah.

Diabetes; Serat membantu mengatur gula darah yang tidak stabil

Berat Badan ; Makanan tinggi serat membantu Anda bertahan lebih lama, yang mencegah Anda untuk makan lebih banyak makanan.

Penyakit kardiovaskular; Hal ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Serat larut yang ditemukan pada gandum, kacang-kacangan dan buah-buahan dan sayuran membantu mencegah kedua masalah tersebut.

Wasir; Wasir adalah vena yang meradang menutup bagian dubur Anda dan membuat anda susah untuk buang air besar. Makan makanan tinggi serat bisa membantu mengatasi wasir ini.

Mendapatkan Serat

Menambahkan serat ke dalam menu harian Anda bisa menjadi mudah seperti menghitung 1-2-3, berikut adalah cara sederhana yang bisa Anda tambahkan dalam makanan Anda.

1. Flax meal; datang dalam berbagai warna, cokelat, coklat dan emas, mereka adalah sumber yang baik dari asam lemak omega 3 dan serat.

2. biji Chia; Satu ons biji chia memiliki 11 gram serat, itu juga dikemas dengan antioksidan, protein, vitamin dan mineral.

3. Biji rami; Mereka adalah sumber yang baik dari serat larut dan tidak larut dan memiliki lebih banyak manfaat, keduanya merupakan sumber lemak dan protein sehat

4. Sereal; gandum utuh, rami emas, Cheerios, biji-bijian Kashi, serat umum serat satu dll.

Cara lain untuk menambahkan serat ke makanan Anda:

Cara terbaik untuk mendapatkan serat Anda adalah melalui makanan, buah, dan sayuran. Berikut adalah makanan yang tinggi seratnya.

1. Oats; Adalah salah satu cara termudah untuk memasukkan serat dalam makanan Anda

2. Buah-buahan; Buah beri, alpukat, pir, pisang, apel, jeruk, pepaya dll

3. Sayuran (dimasak); Kales, kacang polong, kacang hijau, collard greens, kubis Brussel, ubi jalar dll

4. Kacang dan Kacang Tanah (dimasak); Kacang kedelai, kacang lentil, kacang pinto, kacang merah dll.

Sumber artikel kesehatan : ArtikelKesehatan99.com