Oleh oleh Daerah Pasuruan yang Terkenal

Oleh oleh daerah Pasuruan – Telah nyaris satu minggu ini saya ada di kota kelahiranku dengan anak-anak. Waktu libur panjang sekolah seperti berikut kami dapat pulang ke Pasuruan, berkunjung ke orang tuaku. Lihat kota kelahiran sekali lagi, jadi pingin nyicipi makanan serta minumannya. Banyak makanan enak di Pasuruan yang harus dicicipi bila memiliki kesempatan pergi ke kota ini, seperti : Rawon Saminah, Soto Cemara, Kupang, es Baktung dan lain-lain. Hanya karna masih tetap bulan puasa, banyak penjual makanan yang tutup.

Terkecuali minuman dan makanan yang harus dicoba, ada oleh-oleh ciri khas Pasuruan yang tidak kalah menariknya. Kesempatan ini saya narasi mengenai oleh-oleh ciri khas Pasuruan saja deh, untuk makanan serta minumannya lain kali saja. Ini 3 oleh-oleh ciri khas Pasuruan yang populer :Pusat Oleh oleh terbaik

1. Roti Matahari
Roti matahari jadi satu diantara oleh-oleh ciri khas Pasuruan yang paling banyak disukai. Toko roti matahari berdiri telah lama, mulai sejak th. 1955. Beragam type roti yang di jual dari mulai roti warmball, roti sisir, roti celup, roti ronde, roti kasur dan lain-lain. Roti sisirnya ada dua type, yakni yang basah serta kering. Untuk roti sisir yang basah dibagi jadi dua sekali lagi yakni roti sisir umum serta roti sisir rombotter.

Sudah pasti yang paling banyak disukai konsumen yaitu roti sisir rombotter nya (gunakan mentega Australia). Sebagai favoritku yaitu roti sisir rombotter yang warna cokelat, rasa-rasanya enak. Roti Matahari ini banyak didapati di beberapa kota. Namun pasti keadaannya telah beda dengan beli segera di kota asal. Terkadang telah agak keras karna telah sekian hari hingga rasa-rasanya juga jadi berlainan. Demikian halnya harga nya, umumnya lebih mahal.

Alamat Toko Roti Matahari : Jl. Raya Sukarno Hatta 42-44, Pasuruan, Jawa Timur-Indonesia.
Phone : +620343425445
Jam buka : 08. 00 – 20. 00

2. Bipang Jangkar
Ini bipang dengan paket plastik, varian rasa : kopi, coconut, melon, strawberry serta orange. Bipang terbuat dari beras yang dipanaskan dengan suhu tinggi hingga mekar lalu digabung dengan vanili serta gula yang sudah dicairkan, lantas diciptakan serta dipotong-potong. Rasa-rasanya renyah serta manis.

Bipang Jangkar ini di produksi mulai sejak th. 1949. Awal kali memakai kertas jadi pembungkusnya dengan rasa vanilla, lalu berkembang jadi berbagai rasa buah-buahan yang dibungkus plastik hingga bipang lebih tahan lama serta tidak melempem. Untuk yang suka manis, bipang jangkar ini harus dicoba.

Alamat Toko Bipang Jangkar : Jl. Lombok 37-41, Pasuruan 67132, Jawa timur, Indonesia.
Phone : 0343-421162 ; Fax 0343-422755 ; HP 081 7371496
Jam buka : Senin – Minggu 06. 30 – 18. 30

3. Permen jahe (Ting Ting Jahe) SinA
Permen jahe orange, peanut butter, peppermint, original serta mango. Yang original telah kumakan. Telah sempat makan ting-ting kacang? Enak, yah. Terkecuali ting-ting kacang rasa original, saat ini banyak pula yang menghasilkan ting-ting kacang dengan kombinasi jahe. Nah, jika oleh-oleh daerah Pasuruan yang satu ini bukanlah ting-ting kacang, namun ting-ting jahe yang di produksi oleh SinA. Mulai sejak th. 1935 hingga saat ini beberapa produk SinA di buat dengan bahan yang berkwalitas serta sudah dieksport ke beragam negara dari mulai Hongkong, Australia, Amerika, Inggris serta Jerman. Product favorit dari SinA yaitu permen jahenya (umum dimaksud ting ting jahe).