Palembang dan Lombok Rebutan Jadi Tuan Rumah MotoGP Indonesia

Bermula dari kegagalan Pemerintah Indonesia menjadikan Sirkuit Internasional Sentulsebagi venue penyelenggara MotoGP Indonesia mulai 2017, lahirlah beberapa calon lain yang mengajukan diri sebagai tempat penyelenggaraan balap motor paling akbar tersebut . Dari mulai wacana Jalan Raya di lokasi Senayan yang rencananya akan di sulap jadi sirkuit, kemudian ada Palembang mengajukan diri dengan dana Non-APBN/APBD, Lido, Sukabumi serta Bali juga masuk dalam pembicaraan, dan kini lokasi Mandalika di Lombok, NTB juga mengajukan diri.

Namun dari semuanya calon itu, belumlah ada yang telah mempunyai circuit permanen berstandar internasional, jadi saingan terkuat sampai sekarang ini yaitu Palembang dengan Jakabaring-nya serta Lombok dengan Mandalika-nya.

1. Circuit Jakabaring, Palembang – Sumatera Selatan

Untuk sekarang ini, Palembang lah calon terkuatnya, terkecuali telah memperoleh restu dari Pemerintah, Palembang juga telah mengadakan pertemuan dengan perwakilan DornaSport di Circuit Internasional Sepang, Malaysia th. 2016 kemarin.

Hermann Tilke yang ditunjuk jadi arsitek pembangunan Circuit Jakabaring juga menaikkan keyakinan DornaSport pada Palembang, terutama design circuitnya juga telah di kemukakan ke penyelenggara MotoGP.

Pembanguan Circuit Jakabaring yang direncanakan mulai Februari lantas, saat ini diundur ke bulan Mei, serta gagasannya akan siap mengadakan MotoGP Indonesia mulai Oktober 2018 yang akan datang.

2. Circuit Mandalika, Lombok – NTB

Beberapa waktu terakhir, nama Lombok ada jadi penantang baru untuk calon venue penyelenggara MotoGP di Indonesia yang sejatinya akan dijadwalkan mulai musim balap 2018 yang akan datang.

Lokasi Ekonomi Spesial Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yaitu tempat yang akan jadikan circuit untuk MotoGP.

Satu diantara investor yang juga akan masuk ke KEK Mandalikaadalah perusahaan asal Prancis. Gagasannya, investor itu juga akan membuat hotel serta circuit balap MotoGP di Mandalika.

3. Respon Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin

Berkaitan hal itu, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, menyikapi enjoy wacana Lombok jadi penyelenggara MotoGP. Alex menyebutkan kalau circuit MotoGP di Jakabaring akan tambah lebih megah karna dibuat di tempat seluas 210 hektare.

” Yang pertama kalinya ngomong MotoGP itu kita (Sumsel) serta Presiden telah sepakat dengan itu. Bila juga juga akan ada dua circuit nanti, itu tidak juga akan jadi problem, ” jelas Alex pada viva. co. id.

Buka Juga : Streaming MotoGP

” Spanyol saja miliki empat circuit untuk MotoGP. Sesaat penduduknya tambah lebih sedikit bila di banding dengan jumlah masyarakat dengan Indonesia.

Meskipun saat ini Palembang memperoleh saingan baru, Alex percaya akan dapat mengungguli Lombok dalam soal pembangunan circuit. ” Kita pertandingan, siapa yang duluan usai (pembangunannya), ” tegas Alex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *