Panduan Jalan-Jalan Gratis ke Luar Negeri

Bukanlah mimpi dapat berjalan-jalan gratis ke luar negeri. Siapa saja dapat mengerjakannya. Modalnya sederhana : Kamu cuma butuh berupaya sedikit keras saja.

Berikut ini di jabarkan beberapa langkah untuk dapat berjalan-jalan gratis di negeri orang berdasar pada pengalaman beberapa orang Indonesia serta beberapa rekan mahasiswa serta aktivis asing.

1. Jalur Beasiswa

Beasiswa kuliah ke luar negeri jadi satu diantara langkah paling baik untuk dapat berjalan-jalan ke luar negeri. Mujur, bila beasiswa itu dicapai di benua yang jarak antar-negaranya dekat, seperti Eropa, Timur Tengah, serta Asia.

Di Indonesia, banyak negara tawarkan beasiswa kuliah S1, S2, serta S3. Amerika Serikat (AS), Australia, Inggris, Belanda, Mesir, Arab Saudi, Italia, Prancis, Selandia Baru, Jerman, Jepang sampai Cina tawarkan beasiswa-beasiswa itu.

Kamu mesti ikuti beberapa bagian seleksi untuk dapat lolos beasiswa luar negeri ini. Yang paling susah yaitu seleksi beasiswa ke AS serta Inggris. Yang lain relatif tidaklah terlalu susah, namun tidak gampang juga.

Kekuatan berbahasa Inggris jadi catatan harus, kecuali untuk beberapa negara seperti Mesir serta Rusia.

Bila Kamu tertarik ke AS, silahkan click website Usaid. Bila Inggris maksud kuliah Kamu, buka website British Council atau kedutaan besar Inggris atau mencari di google Chevening Awards. Belanda mencari di NEC, sesaat Jerman cobalah susuri di DAAD.

Jadwal kuliah dengan jumlah berlibur yang cukup panjang membuat kita dapat berencana perjalanan ke beberapa tempat di negara itu atau negara-negara tetangganya.

Bila Kamu memperoleh beasiswa kuliah S2 di Inggris, di berlibur musim panas atau musim dingin dapat travel ke sebagian tempat, dari Irlandia sampai Skotlandia. Atau Kamu dapat singgah di beberapa negara Eropa.

Uang beasiswa dari sebagian negara terhitung begitu cukup untuk dapat lakukan perjalanan itu. Memanglah, tidak semuanya beasiswa kuliah S2 atau S3 di beri uang yang besar. Dalam hal semacam ini, Kamu mesti lebih hemat dalam kehidupan keseharian sembari selalu menabung.

Pemerintah Indonesia juga tawarkan beasiswa kuliah S2 serta S3 ke luar negeri. Prasyaratnya, Kamu mesti seseorang dosen atau pengajar. Untuk profesi beda memanglah terbuka, namun pemerintah lebih mementingkan pengajar di universitas.

Ada beberapa ribu peluang tawaran kuliah diluar negeri dari Pemerintah Indonesia. Persoalannya, uang saku yang didapatkan pas-pasan. Jadi, untuk dapat berjalan-jalan, Kamu mesti memenej uang itu dengan begitu baik.

2. Program Fellowship/Pelatihan Singkat

Tawaran turut program singkat diluar negeri telah bejibun jumlahnya, baik yang datang dari Amerika, Eropa, Timur Tengah, sampai Australia. Kamu tinggal memastikan ketertarikan saja.

Belanda tawarkan banyak program fellowship buat remaja serta pemuda Indoensia. Demikian halnya Pemerintah serta instansi non-pemerintah AS. Inggris tiap-tiap th. mengundang pemuda/pelajar Indonesia bertandang ke negeri Ratu Elizabeth itu.

Demikian halnya Malaysia, Cina, Jepang, sampai Rusia. Program pertukaran jadi langkah murah untuk dapat berjalan-jalan ke luar negeri.

Kamu mesti ikuti beberapa tes untuk dapat lolos program ini. Lagi-lagi, Bhs Inggris jadi modal basic untuk dapat ikuti tes ini.

Saya sempat jadi guide pelajar-pelajar SMP Indonesia waktu bertandang ke beberapa kota di Inggris pada 2008. Banyak waktu senggang buat beberapa pelajar itu untuk nikmati kota-kota di Inggris.

3. Program Sister City

Untuk kota-kota di Indonesia yang mempunyai kerja sama spesial (sister city) buka kesempatan untuk warganya untuk ikuti pertukaran pemuda serta pelajar. Kamu tinggal check di kota Kamu, apakah termasuk juga yang mempunyai program sister city atau tidak.

Pemerintah menginformasikan akan kirim beberapa orang ke kota sebagai kembarannya itu, yang disebut kesempatan besar untuk dapat berjalan-jalan gratis.

4. Jalur Promo Wisata Negara

Pariwisata jadi andalan ekonomi banyak negara. Tidak heran bila beberapa negara teman dekat tawarkan program berhadiah berjalan-jalan serta mengeksplorasi negeri itu pada warga Indonesia.

Hong Kong, Malaysia, Cina, AS, Inggris, Jepang, Makao, sampai Thailand seringkali lakukan program hadiah ini. Kita cuma menjawab beberapa pertanyaan di bebrapa website internet perwakilan mereka. Umumnya, mereka promo lewat mass media.

Pemerintah berkaitan akan membiayai semua perjalanan kita, termasuk juga makan, uang saku, serta akomodasi.

Kamu tinggal rajin-rajin memanteng bebrapa website wisata negara-negara yang seringkali mengadakan program itu.

5. Tuntutan Profesi

Kamu dapat berjalan-jalan gratis karna tuntutan profesi. Wartawan, dokter, akuntan, PR, tenaga pemasar, sampai teknisi mempunyai peluang besar pergi ke luar negeri.

Kantor mereka yang membiayai semuanya perjalanan itu. Jadi, sembari menggerakkan pekerjaan kantor, Kamu dapat nikmati situasi serta sensasi negara yang Kamu menuju.

Namun Kamu tidaklah perlu punya mimpi jadi anggota DPR untuk dapat berjalan-jalan gratis. Yang ada, rakyat jadi mengkritik habis Kamu. Namun Kamu mungkin saja atlet.

Ini jadi satu diantara berjalan-jalan gratis paling gampang yang dapat kita kerjakan dibanding mesti menguber beasiswa atau pelatihan singkat ataupun lomba.

6. Hadiah Lomba ke Luar Negeri

Banyak perusahaan di Indonesia yang tawarkan hadiah berjalan-jalan ke luar negeri. Eropa, AS, serta Asia Timur jadi pilihan paling utama.

Ini masalah keberuntungan memanglah. Bila mujur, Kamu dapat dipilih lewat undian memenangkan lomba itu. Kamu dapat pergi berjalan-jalan gratis.

7. Jalur Instansi Internasional

Ada beberapa ratus instansi nasional serta internasional yang tawarkan perjalanan gratis untuk Kamu ke semua dunia. Kamu cuma cukup jadi sukarelawan di instansi itu.

PBB, umpamanya, mempunyai United Nations Volunteers (UNV, http :// www. unv, org), yang disebut organisasi sukarelawan. Mereka menaungi beberapa orang yang siap diterjunkan di negara-negara yang barusan terserang bencana untuk menolong perbaikan ekonomi ataupun kesehatan lingkungan.

Kamu dapat pula coba aktif di organisasi lingkungan dunia seperti WWF atau Oxfam yang buka kesempatan ke luar negeri gratis. Atau instansi ekonomi-politik ataupun yayasan-yayasan sosial pendidikan.

Kamu tinggal searching di internet berkaitan bebrapa instansi itu.

8. Mempunyai Karya/Peran

Bila Kamu berkarya dalam bagian apa pun, langkah ke lur negeri gratis terbuka lebar. Umpamanya, Kamu seseorang pegiat lingkungan atau penggemar buku serta jadi volunter di beberapa daerah.

Lembaga-lembaga asing begitu menghormati beberapa orang begini. Mereka tidak beberapa enggan mengundang Kamu datang ke negerinya, untuk menuturkan serta sharing pengalaman dengan beberapa orang di negeri itu.

Atau Kamu akan memperoleh training lebih dalam hal dunia yang Kamu tekuni. Dalam hal semacam ini, AS, Inggris, serta banyak negara Eropa memberi penawaran menarik pada apa yang Kamu lakukan.

Pelajar serta mahasiswa juga terbuka lebar untuk dapat berjalan-jalan gratis ke luar negeri dengan langkah tersebut.

9. Mengajukan Proposal

Umpamanya Kamu seseorang aktivis atau pengajar atau pegiat gosip spesifik, Kamu memiliki kesempatan memajukan proposal berkaitan kesibukan itu ke beberapa negara. Kamu yang bergiat di gosip lingkungan pertanian, dapat coba membawa proposal penelitian di Belanda.

Pegiat bebrapa gosip agama serta toleransi, beberapa negara buka pintu bila ada tawaran menarik dari Kamu, terutama negara-negara Barat (umpamanya, AS serta Inggris).

10. Jadi Blogger

Ini serius. Aktif di situs (blog) membuat dunia Kamu berlainan. Kekhasan yang Kamu punyai jadi senjata ampuh menarik perhatian pihak beda.

Bila Kamu hoby menulis kuliner di situs (blog) Kamu serta jadi referensi, bukanlah mustahil akan ada tawaran menarik berjalan-jalan ke luar negeri. Beberapa blogger sudah nikmati ‘dunia’ sesuai sama itu.

11. Aktif di Organisasi/Komune Tertentu

Organisasi kepemudaan, lingkungan, sampai komune ilmu dan pengetahuan juga jadi bidikan instansi serta negara donor untuk diundang pergi ke negara mereka.

Tak ada ruginya bila Kamu aktif di organisasi yang sesuai sama ketertarikan Kamu.

Selamat coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *