Peneliti Genose Ungkap Salah Satu Kelemahan Alat Tersebut

Pada beberapa RT-PCR, selain batas ambang teratas seperti itu, ada pula batas tengah yang membuat hasil tes perlu diamati diulang untuk dapat menarik kesimpulan positif atau negatif dari penularan virus. Cycle Threshold merupakan indikator yang dapat menunjukkan banyaknya muatan virus dari sampel yang diambil dari seorang pasien. Indikator ini didapatkan dari tes Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). ”i-Nose C-19 juga dilengkapi fitur near-field communication , sehingga pengisian knowledge cukup dengan menempelkan e-KTP pada alat deteksi cepat Covid-19 ini,” katanya. Yang perlu diperhatikan, apabila hasil tes RT-PCR/rapid test antigen/tes GeNose C19 pelaku perjalanan negatif namun menunjukkan gejala, maka pelaku perjalanan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

Kepada Tempo, ketua tim pengembang GeNose, Kuwat Triyana, membeberkan efektivitas, berikut keunggulan dan kekurangan yang masih jadi catatan alat yang diproyeksikan bisa menggeser tes cepatitu. Kapaiblitas dari GeNose juga cukup luar biasa karena bisa melakukan one hundred twenty kali pemeriksaan per harinya. Dengan biaya tes yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp15.000 – Rp25.000 meskipun tentunya harga tersebut masih bisa berubah tergantung biaya tambahan lainnya. Dalam melakukan deteksi covid-19, GeNose menggunakan teknologi synthetic intelligence . Selain itu, pengambilan sampel juga tidak sesulit swab yang biasa digunakan karena ternyata GeNose bisa mendeteks covid-19 hanya dari hembusan napas sehingga lebihi mudah dan nyaman. Yogyakarta – PT Pupuk Iskandar Muda yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia mengambil langkah tegas dalam menangani penyebaran Covid-19 yaitu dengan membeli 2 Unit GeNose C19 karya anak bangsa, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

“Ini berbeda dengan alat Kesehatan lainnya kita basisnya Artificial Intelligence , kita menggunakan data base untuk melatih agar lebih pintar dalam membaca data,” kata Dr. Dian dalam LIVE Instagram @kemenhub151, Senin, 1 Februari 2021. GeNose sudah dapat digunakan di banyak area publik karena sudah mendapatkan emergency use of authorization dan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Bernard mengatakan operator terminal akan menyesuaikan pengadaan alat GeNose dengan jumlah penumpang. Ia berharap distribusi alat ini bisa dilakukan di bandara, stasiun kereta, tempat keramaian, termasuk rumah sakit.

Dalam kesempatan yang sama, MenkoPMK Muhadjir Effendy mengaku sangat mendukung kehadiran GeNose sebagai salah satu alternatif alat pendeteksi Covid-19 yang digunakan di transportasi umum. Kelebihan GeNose ini selain murah, tidak sakit untuk digunakan, dan juga ini juga buatan Indonesia,” ucap Menhub. Seperti dikutip dari Center for Health Security, tes COVID-19 ini dapat memberikan perincian yang lebih besar tentang prevalensi penyakit dalam suatu populasi. Caranya dengan mengidentifikasi individu yang telah mengembangkan antibodi terhadap virus. Traveloka Xperience merangkum serba-serbi mengenai tes COVID-19 yang digunakan oleh pemerintah Indonesia.

Ketika hasilnya dinyatakan positif, maka kemudian diberikan rujukan untuk melakukan konfirmasi dengan menjalani tes PCR. Dalam waktu kurang dari dua menit, hasil sudah keluar dan bisa mendeteksi Judi Online apakah seseorang mengidap Covid-19 atau tidak. GeNose, sebuah alat yang dikembangkan tim riset Universitas Gadjah Mada untuk mendeteksi apakah seseorang mengidap virus Covid-19 atau tidak.

Pasien akan diambil sampel dengan menggunakan swab di daerah belakang hidung dan tenggorokan. Sampel akan di masukan kedalam tabung virus transport media dan tabung buffer , selanjutnya sampel akan dikirim untuk proses analisa. Oleh karena itu, satu jam sebelum pengetesan dengan GeNose pasien akan dilarang mengkonsumsi alkohol. Kemudian pasien diizinkan untuk makan satu jam sebelum pengetesan, tapi dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan aroma sensitif . Lalu pasien juga dilarang untuk merokok minimal satu jam sebelum pengetesan GeNose.

Swab take a look at adalah pemeriksaan yang menggunakan sampel dari lendir dalam hidung ataupun tenggorokan. Namun Menhub juga setuju dengan saran Menko Luhut agar penggunaan plastik untuk menampung udara tiupan nafas calon penupang yang diperiksa pada alat tersebut sebaiknya menggunakan bahan yang dapat didaur ulang agar lebih ramah lingkungan. GeNose buatan para ahli Universitas Gadjah Mada diklaim menunjukkan sensitivitas 92%.

Tes ini akan efektif jika dilakukan setelah 10 hari dari dugaan terjadinya infeksi virus corona. Karena, IgM akan diproduksi pada hari ke-10 setelah infeksi virus corona, sedangkan IgG diproduksi setelah hari ke-12. Tes serologi adalah pemeriksaan untuk mencari antibodi dalam darah dengan mengambil sampel darah dari pembuluh vena. Bedanya, pengujian sampel jenis tes COVID-19 pada tes serologi berlangsung di lab yang dikerjakan oleh instrumenrobotic, sehingga bisa berlangsung lebih cepat dan memiliki tingkat akurasi lebih tinggi dibandingkanantibody fast take a look at. Kelebihan pada alat GeNose, Nur menyebutkan, alat lebih nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit terhadap orang yang menggunakan, dan berbeda dengan alat deteksi virus corona yang lain, misal rapid tes. Telah beredar sebuah unggahan dalam Twitter oleh akun @LsOwien yang mengatakan bahwa Covid-19 bukan disebabkan oleh virus, melainkan karena kekurangan vitamin C, vitamin B serta zinc.

“GeNose C19 sudah diuji validasinya dengan 2.000 sampel dan akurasinya sudah 90 persen,” ugnkap Bambang. Larangan dalam narasi yang mengatakan untuk tidak mengonsumsi susu, keju, gula putih dan gluten, tidak berpengaruh terhadap Covid-19. Larangan untuk mengonsumsi susu, keju, gula dan gluten ditujukan untuk menghindari penyakit lainnya. Melansir dari laman Kompas, makanan-makanan tersebut sebaiknya dikurangi atau dihindari untuk menghindari diabetes, penyakit jantung, obesitas serta jenis kanker tertentu. Meminum air kelapa muda yang memiliki daging buah tebal juga tidak membuat seseorang sembuh dari Covid-19. Meminum air kelapa muda memang baik untuk kesehatan, namun hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan bahwa meminum air kelapa muda dapat menyembuhkan Covid-19.

Kelemahan genose sebagai deteksi covid

GeNose C19 buatan UGM diklaim mampu mendeteksi virus korona baru dengan cepat dan biaya sangat murah. Ungkapan senada juga dilontarkan Firmansyah, pebisnis muda asal Yogyakarta yang kerap bepergian menggunakan moda kereta api. Ia mengaku setidaknya seminggu dua kali menggunakan moda kereta api untuk berbagai tujuan bisnis.