Ppkm Stage Four Berakhir Hari Ini, Diperpanjang Lagi Atau Dilonggarkan? Ini Information Kasus Covid

“Diputuskan untuk perpanjangan PPKM Mikro Tahap XII mulai 6 Juli hingga 20 Juli 2021, yang berlaku di semua provinsi di luar Jawa-Bali, dengan dilakukan pengetatan pada 43 kabupaten/kota yang memiliki degree asesmen 4 yang berada di 20 provinsi. Regulasi ini selaras dengan pengetatan yang dilakukan di Jawa-Bali,” ujarnya. Begitu juga dengan aturan pembatasan kapasitas, yang mematok ketentuan maksimal 50 persen. Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro di periode 4-17 Mei 2021.

“PPKM darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus Covid-19. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan,” kata Sri Mulyani dalam bahan paparan saat Rapat Kerja bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Senin, 12 Juli 2021. “Tentunya, dengan semakin mengoptimalkan pelaksanaannya, agar semua daerah di Jatim bisa masuk zona kuning bahkan hijau,” ujarnya. Untuk PPKM berbasis RW nantinya akan di perketat kegiatan masyarakat, khususnya pada malam hari. Pembatasan kegiatan masyarakat mulai dari pukul 21.00 WIB hingga subuh. Lebih lanjut, dampak dari pelaksanaan PPKM ini sangat terasa mengganggu perekonomian masyarakat.

Melalui media sosial, kita saksikan masyarakat daerah Ampel – Surabaya, bukan hanya sepi dari kegiatan keseharian, tapi benar-benar menyatakan tak berdaya untuk hadapi hidup. Hal ini karena Pemerintah tidak memberikan konsekuensi logis dari kebijakan PPKM sebagaimana yang diamanatkan UU No. 06 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Sementara itu, mereka yang mengandalkan pendapatan harian dari kegiatan penjualan langsung dalam beraneka jenis, apakah tergolong esensial atau nonesensial, benar-benar diperhadapkan pukulan serius. Kita saksikan dan hal ini yang sungguh menyayat hati, ketika diberlakukan PPKM Darurat yang lalu terjadi perlakuan sadis yang sangat tidak manusiawi. Tidak hanya dilarang berkegiatan, tapi diambil paksa barang kegiatan dagangnya. Bahkan – seperti yang terjadi di Gowa – di antara pemilik warung makan terkena hajar Satpol Pamong Praja.

Mengapa PPKM di perpanjang lagi

Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 23 tahun 2021 menetapkan Kota Pontianak dan Singkawang berada pada stage empat. Penentuan level itu berdasarkan kemampuan kapasitas respon sistem kesehatan seperti testing, tracing dan perbandingannya dengan kapasitas pengobatan rumah sakit mengatasi tingkat transmisi penularan virus di satu wilayah. Level empat adalah stage tertinggi di mana kondisi transmisi virus sangat tinggi sedangkan kapasitas respons terbatas.

Selain penurunan kasus aktif dalam dua pekan terakhir PPKM Mikro yang akan diperpanjang sampai Maret, Airlangga mengatakan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit yang menangani Covid-19 juga menurun di tujuh provinsi. Maka dari itu, Jokowi memerintahkan seluruh pemimpin daerah untuk mempercepat penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sampai detik ini, realisasi penyerapan berbagai bantuan ini masih sangat rendah.

Pemerintah mengizinkan tempat ibadah untuk dilaksanakan dengan pembatasan kapasitas sebesar 50% dan penerapan protokol kesehatan. Pemerintah melakukan pengaturan pemberlakuan pembatasan kegiatan restoran makan/minum di tempat sebesar 50% dan untuk layanan makanan melalui pesan-antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran dengan protokol kesehatan. Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah memutuskan untuk mempepanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM mikro hingga eight Maret 2021. [newline]Menurut Jokowi, perpanjangan tersebut dilakukan dengan sejumlah penyesuaian, di antaranya kegiatan ekonomi masyarakat diizinkan untuk beroperasi dengan protokol kesehatan ketat. Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat stage 4 mulai 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. “Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau penjual voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lainnya yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00,” jelasnya. KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo akhirnya resmi memutuskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

Hal ini dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit. Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Arsjad Rasjid menyampaikan hal-hal yang sudah diajukan ke pemerintah jika memang PPKM akan diperpanjang lagi. Tak hanya soal industri esensial dan non-esensial, Arsjad pun menyebut soal perlunya insentif bagi pelaku UMKM dan juga aturan agar pedagang kaki lima bisa berjualan kembali. Sebelumnya, dalam upaya mengendalikan lonjakan kasus COVID-19, sebelumnya mulai tanggal 3 Juli 2021 pemerintah telah mengimplementasikan kebijakan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. “Psikologis masyarakat juga mesti dipahami, karena dampak dari pandemi sudah membuat susah warga,” demikian Mardani Ali Sera. Menurut Airlangga pemberlakuan PPKM Mikro ini dilanjutkan karena memiliki dampak menekan angka kasus baru.

Kemudian, penyaluran Dana Desa dan BLT Desa agar dipercepat dengan menggunakan KPM Tahun 2020, dengan lebih memfokuskan kepada penduduk miskin yang terdampak pandemi dan belum menerima bantuan. “Karena itu jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap,” ujar Jokowi, seperti dikutip Media Blitar melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden. Dengan semakin banyak orang yang diuji, maka kemungkinan untuk menemukan kasus positif semakin besar. Kasus positif yang selama ini tersembunyi kini terungkap agar bisa mendapatkan penanganan. KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat Level 4 Slot Deposit Pulsa hingga 2 Agustus 2021.