Sebelum Resign Karena Bosan Atau Sakit Hati, Pertimbangkan Dulu Deh

Sebagai pekerja kamu pasti pernah mempunyai keinginan untuk resign dari kantor. Ada banyak alasannya, mulai dari tingkat kesejahteraannya yang kurang, lingkungan atau atasan yang gak membuat nyaman, hingga pekerjaannya yang ternyata bukan passion-mu.

Hasrat untuk resign ini dihadapi oleh bermacam kelompok, tidak kecuali beberapa fresh graduate atau kita yang masih tetap berumur muda.

Tapi tidak semua dapat berfikir masak — banyak yang terburu-buru mengundurkan diri. Walau sebenarnya resign tergesa-gesa dapat mengakibatkan kerusakan CV.

Mengakibatkan kerusakan CV disini tujuannya CV-mu tak akan menarik di mata perusahaan yang anda lamar di masa depan. Walau anda miliki beragam keunggulan, mereka juga akan sangsi untuk menerimamu karena anda tidak sempat bertahan lama di satu tempat atau pekerjaan.

Maka dari itu, agar CV-mu tidak hingga rusak, pikirkan dahulu beberapa hal berikut ini sebelumnya resign. Beberapa hal apa saja itu?

1. Cobalah ingat sekali lagi telah berapakah lama anda bekerja di perusahaan itu.

“Besok gue resign deh. Tidak mampu kerja begini, pergi pagi masa pulang pagi juga…”

“Lo percaya? Masa percobaan saja belum juga kelar. ”

Ada saatnya anda terasa capek dengan pekerjaanmu. Terkecuali kuras tenaga, lingkungannya juga tidak seseru yang anda berharap. Pada akhirnya anda resign. Walau sebenarnya, anda baru kerja disana sepanjang sebulan saja.

Cobalah deh pikirkan bila anda jadi HRD satu perusahaan yang tengah menyeleksi CV pelamar. Tentu anda bertanya-tanya mengapa pelamar yang satu ini telah keluar dari kantor lamanya sesaat dia baru sebulan berada di sana.

Apakah dia orang yang kurang tahan desakan? Apakah dia keras kepala serta kurang dapat menyesuaikan? Hmmm… hati-hati, tergesa-gesa resign dapat mengakibatkan HRD di perusahaan yang anda lamar “curiga” begini.

Sesudah melalui masa percobaan, mungkin saja sesungguhnya anda juga akan bekerja normal seperti rekan-rekan yang lain. Masa percobaan memanglah masa-masa penuh masalah, masa dimana anda ditest oleh perusahaan seberapa mampu melalui ujiannya. Jangan pernah CV-mu rusak ya.

2. Susuri sekali lagi CV-mu deh. Bila ini bukanlah pertama kalinya anda resign dengan lama kerja kurang dari 6 bln., sebaiknya fikirkan kembali

“Ternyata saya gak pas kerja disini. Minggu depan ingin resign saja selalu mencari tempat baru. ”

“Lha anda terlebih dulu juga resign. Bila ditotal, anda belumlah ada 1 tahun pengalaman lho. ”

Yang ingin resign sekali lagi karena terasa kurang pas dengan perusahaan atau pekerjaannya, cobalah fikirkan kembali deh. Anda cobalah nostalgia dahulu di CV terakhirmu itu, apakah pengalaman bekerja ditempat lama telah cukup baik? Karena bebrapa sekali lagi HRD begitu memperhatikan saat lamamu bekerja. Jangan pernah mereka menilaimu jadi kutu loncat ya, yang belum juga satu tahun kerja di satu tempat telah berpindah-pindah.

3. Apakah perusahaan beda nanti juga akan jauh tambah baik bagimu dari pada saat ini? Mungkin anda tidak kerasan sekali lagi serta lakukan hal yang serupa

Bila tengah dirundung hasrat untuk resign, umumnya anda menilainya kantor sekarang ini jelek dalam segalanya. Dari mulai tingkat kesejahteraannya, job desk pekerjaan, rekan-rekan, sampai atasan. Walau sebenarnya sebagai penyebabnya menginginkan resign cuma pada satu hal, ketidakpuasanmu jadi melebar ke mana-mana.

Baca Juga: Contoh surat resign

Nah, hal semacam ini juga membuat kamu menyimpan keinginan lebih pada perusahaan beda. Anda jadi berfikir bila perusahaan diluar sana tentu jauh lebih-lebih bagus bagimu. Emosimu ini adalah bentuk anda yang tidak terpuaskan oleh perusahaan, walau sebenarnya perasaan tidak senang itu ‘kan terkadang muncul terkadang terbenam juga. Jangan pernah menyesal ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *