Sumenep Lakukan Penyekatan Di Perbatasan, Siapkan Tes Covid

“Jumlah bilik dan kapasitas pelayanan tes GeNose C-19 di Bandara Kualanamu dapat melayani a thousand orang per hari,” ujarnya. Untuk diketahui, data terbaru kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep sebanyak 17 orang. Menurut dia, penyekatan ini tidak hanya dilakukan Pemkab Sumenep, tetapi secara serentak di empat kabupaten di Madura.

Imbauan itu disampaikan Hernanto karena sampai hari ini Terminal Lebak Bulus di Jakarta Selatan belum dilengkapi dengan layanan tes Covid-19. Dinas Perhubungan DKI Jakarta masih memprioritaskan penyediaan layanan untuk terminal yang memiliki skala lebih besar. Para personel akan berjaga di beberapa titik penyekatan yang dibagi dalam 3 shift selama 24 jam setiap harinya. Pengetatan mudik ini berlaku dari 22 April hingga 5 Mei dan 18 Mei hingga 24 Mei 2021. “KAI Daop 1 Jakarta memastikan operasional Kereta Api Jarak Jauh pada periode tersebut bukan untuk melayani masyarakat yang ingin mudik Lebaran,” ujarnya. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan sejumlah syarat bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri demi menekan penambahan kasus positif Covid-19 jelang Hari Raya Idulfitri 2021.

Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam angka 3 tidak berlaku untuk moda transportasi perintis termasuk di wilayah perbatasan dan di daerah 3T . “Ruang lingkup Surat Edaran ini adalah protokol kesehatan terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri yang menggunakan seluruh moda transportasi untuk seluruh wilayah Indonesia,” tegas Doni dalam SE. “Dan diwajibkan untuk melakukan tes diagnostik RT-PCR dan isolasi mandiri selama hasil tunggu pemeriksaan,” katanya lagi. Anak-anak di bawah 5 tahun tidak diwajibkan melakukan tes RT-PCR/rapid tes antigen/GeNose C19 sebagai syarat perjalanan. “Hari ini kami bersama Satgas dan Kementerian Kesehatan sepakat untuk terus memperketat pemeriksaan dokumen kesehatan terhadap semua penumpang dan pengguna jalan di semua moda transportasi,” ungkap Budi Karya dalam keterangan tertulis, Senin.

Tes genose untuk keluar kota

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, usai masa larangan mudik, persyaratan akan kembali mengacu pada Addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19. SE tersebut diterbitkan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang terus berpotensi meningkat Daftar Slot Terpercaya melalui mobilitas atau perjalanan orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat masih bisa melakukan perjalanan ke luar kota asalkan memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Namun perjalanan ke luar kota tetap mewajibkan sejumlah syarat yang harus dipatuhi.

Selain di jembatan Suramadu, penyekatan dan tes swab antigen juga dilakukan di pelabuhan Dermaga Ujung. Sebanyak 1.100 calon penumpang telah menjalani tes, empat orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19. Salah satu syarat itu adalah surat keterangan negatif Covid-19 yang berlaku 24 jam untuk tes usap atauswab testPCR dan swab antigen.

Ada syarat ketat yang harus dipenuhi penumpang bila ingin bepergian atau keliling Indonesia menggunakan angkutan bus, kapal laut, pesawat terbang, kereta api, maupun kendaraan pribadi. Aturan perjalanan jarak jauh ini berlaku di bandara, stasiun, terminal, pelabuhan maupun untuk pengguna kendaraan pribadi. Kendati saat ini tak perlu lagi SIKM untuk perjalanan lintas daerah, pemerintah memutuskan tetap memperketat syarat bagi pelaku perjalanan sepanjang Mei 2021 atau setelah masa larangan mudik rampung. Adapun keterangan negatif Covid-19 bisa berasal dari hasil tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 3×24 jam, atau hasil rapid check antigen/tes GeNose C19 yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Penyekatan dan tes genose bagi warga yang keluar masuk Kota Keris juga untuk mengantisipasi antrean panjang di Bangkalan atau di Suramadu. Apabila dari hasil tes ada warga yang positif, maka akan langsung dibawa untuk diisolasi. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk gerak cepat menghadang penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Mereka bisa menggunakan hasil tes RT-PCR atau antigen yang dilakukan maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan. Untuk di Pulau Jawa, Pelaku perjalanan udara boleh menggunakan RT-PCR dengan batas waktu 3×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila hasil tes RT-PCR atau tes cepat antigen atau tes GeNose negatif namun yang bersangkutan menunjukkan gejala, maka pelaku perjalanan tidak boleh melanjutkan perjalanan dan diwajibkan untuk melakukan tes diagnostik RT-PCR serta isolasi mandiri selama waktu tunggu hasil pemeriksaan. Pelaku perjalanan juga boleh menggunakan surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Bandar Udara sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia. Kelima, pengisian e-HAC Indonesia diimbau bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi darat umum maupun pribadi, kecuali bagi pelaku perjalanan udara dan laut wajib melakukan pengisian e-HAC Indonesia. Sebagai informasi, pada masa pemberlakuan larangan mudik, pergerakan transportasi sangat dibatasi dan hanya diperbolehkan untuk keperluan pekerjaan atau urusan mendesak.

Tidak diperkenankan makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan kurang dari 2 jam, terkecuali individu yang wajib mengkonsumsi obat untuk pengobatan yang jika tidak dilakukan membahayakan keselamatannya. Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta menambah stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, yaitu Stasiun Gambir mulai 15 Februari 2021. wajib dipakai dari stasiun keberangkatan, dalam perjalanan, hingga keluar dari space parkir di stasiun tujuan. Penumpang dengan waktu tempuh perjalanan kurang dari 2 jam tidak diperkenankan makan dan minum, kecuali bagi mereka yang wajib mengkonsumsi obat tertentu. Penumpang kereta api harus dalam kondisi sehat saat akan berangkat dan tidak menderita flu, batuk, atau demam.

Secara umum, kebijakan pembatasan pergerakan adalah satu dari berbagai strategi penanganan Covid-19 yang disarankan oleh WHO. “Ini dilakukan untuk memastikan kesiapan sumber daya manusia kita, fasilitas dan pelaksanaan GeNose C-19 ini sebagai alat tes Covid-19 bagi calon penumpang pesawat,” tuturnya. Persyaratan ini berlaku untuk masyarakat yang menggunakan angkutan transportasi umum dan pribadi. JAKARTA – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat Hari Raya Imlek diwajibkan untuk melakukan tes COVID-19. Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi Tanjung Priok, Jakarta Utara, menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi cepat COVID-19 bagi para calon penumpang maupun awak bus untuk mencegah penyebaran virus corona.