Ada Larangan Mudik, Anda Wajib Penuhi Syarat Ini Jika Ingin Tetap Bepergian Keluar Kota

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Penyekatan perjalanan luar kota rencananya akan mulai dilonggarkan mulai 18 Mei 2021. surat izin keluar masuk tertulis dari pejabat setingkat Eselon II dilengkapi dengan tandatangan basah/tandatangan elektronik pejabat. Anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan melakukan RT-PCR/rapid take a look at antigen maupun GeNose C19.

Selama diberlakukan PPKM Mikro itu, diatur juga tentang ketentuan perjalanan orang di dalam negeri di masa pandemi Covid-19. “Jadi semua ketentuan yang ada di aturan-aturan tadi masih berlaku. Yakni kegiatan mudik tetap dilarang dan dilakukan pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk juga pembatasan transportasi,” kata dia. Eva kembali menjelaskan sejumlah hal yang harus diperhatikan calon penumpang bila ingin melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Pertama-tama, penumpang harus memiliki tiket atau kode reserving KA Jarak Jauh yang sudah terbayar lunas. Penumpang diwajibkan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen atau RT-PCR dalam waktu maksimal 3 x 24 jam, atau GeNose Test dalam waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Tes genose untuk keluar kota

bus dan mobil pribadi, pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 dapat melakukan tes secara acak di lokasi-lokasi tertentu. Para penumpang kereta api tidak diperkenankan makan atau minum pada perjalanan yang kurang dari 2 jam, terkecuali bagi individu yang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam rangka pengobatan. Penumpang kereta api wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut serta menggunakan face shield di space stasiun keberangkatan maupun kedatangan, serta saat di dalam perjalanan kereta api. Dalam SE tersebut juga disebutkan, anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan tes RT-PCR/rapid test antigen/tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan. Hasil tes yang diperlukan adalah dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. surat izin keluar masuk tertulis dilengkapi dengan tandatangan basah/tandatangan elektronik kepala desa/lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

Namun apabila terpaksa untuk melakukan perjalanan, masyarakat diminta untuk menyiapkan persyaratan yang telah diberlakukan. Wajib melakukan karantina selama 5 x 24 jam di fasilitas pemerintah atau resort di daerah tujuan dengan biaya mandiri. Menurutnya, kepentingan nonmudik tertentu lainnya ini harus dilengkapi surat keterangan dari kepala desa/lurah setempat.

Pengetatan mobilitas masyarakat ini menyusul larangan mudik dan mencegah pergerakan masyarakat yang hendak mudik lebaran lebih awal, sebelum larangan mudik diberlakukan pada 6 sampai 17 Mei 2021. Aturan pengetatan aturan perjalanan itu diatur Satgas Penanganan Covid-19 lewat aturan tambahan terbaru yang termuat dalam Adendum Surat Edaran Nomor thirteen tahun 2021. Adendum peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 2021 itu menyangkut soal tes Covid-19. Hal tersebut menyusul dikeluarkannya Addendum Surat Edaran Satuan Tugas Covid-19 nomor 13 Daftar Slot Terpercaya tahun 2021 beberapa waktu lalu. Suara.com – Penyekatan perjalanan luar kota rencananya akan mulai dilonggarkan mulai 18 Mei 2021. Meski begitu, sejumlah persyaratan masih tetap diberlakukan seperti halnya larangan mudik yang berlaku sejak 6 Mei hingga 17 Mei mendatang.