Bisa Jadi Syarat Perjalanan, Ini Akurasi, Dan Kecepatan Tes Covid

Ketidakmampuan untuk menguji orang Amerika dengan cepat dan efisien, pada gilirannya, mempersulit pejabat pemerintah dan komunitas medis untuk menilai dan memprediksi jalur virus secara akurat. Karena alasan ini, langkah FDA disambut dengan antusias oleh beberapa ahli kesehatan masyarakat, Daftar Slot Terpercaya yang mengeluhkan penyebaran Covid-19 yang sedang berlangsung. Kedua tes hanya memakan waktu beberapa jam, artinya hasil bisa keluar dalam satu hari, kata Dr. Amesh Adalja, spesialis penyakit menular dan seorang sarjana senior di Johns Hopkins Center for Health Security di Baltimore.

Mulai dari tes serologi imunoglobin untuk mengecek antibodi tubuh, tes usap antigen, alat tes pernapasan GeNose, hingga tes usap reverse transcription-polymerase chain reaction (RT-PCR) sebagai acuan standar tertinggi . Metode pemeriksaan diagnostik Covid-19 RT-LAMP dengan sampel air liur dapat membantu peningkatan jumlah testing di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai tes molekuler, akurasi metode RT LAMP ini jauh lebih baik dibandingkan speedy tes antigen yang mendeteksi protein virus. Bagi fasilitas kesehatan, metode ini memberikan keuntungan tambahan dalam hal pengelolaan sampel.

Alat deteksi Covid dari air liur

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan B117 memiliki karakteristik penularan yang lebih cepat dibanding varian Covid-19 yang lebih dulu muncul. “RT-LAMP saliva ini bisa menjawab dan ini mudah-mudahan dapat membuat orang lebih mau untuk diperiksa, tidak takut lagi dicolok,” tutur dia. Untuk diketahui, RT-LAMP ini merupakan nama metode yang digunakan oleh alat tersebut. Dengan metode yang digunakan adalah Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification (RT-LAMP). Keempat, apakah mutasi virus tersebut akan berpengaruh terhadap efektivitas vaksin Covid-19 yang telah ditemukan.

Dikutip dari web site Kemenristek, tes Covid-19 dengan sampel air liur ini dikembangkan dari Universitas Padjajaran. Diharapkan mampu memperluas deteksi virus di beberapa daerah yang tidak dilengkapi peralatan PCR. Dengan metode deteksi yang cenderung lebih sederhana dan mudah, berapa biaya yang dipatok untuk alat ini? Rupanya alat tes COVID-19 dengan sampel saliva ini dihargai sekitar Rp488 ribu per paket, dengan harga promosi sampai 31 Maret 2021 mendatang sebesar Rp400 ribu per paketnya.

Dengan segala fitur unggulan ini, kami harapkan RT LAMP saliva bisa menjangkau masyarakat lebih luas, sehingga program Tracing dan Testing bisa berjalan lebih optimal,” kata Sie Djohan, Direktur PT Kalbe Farma Tbk. “Peluncuran tes Diagnostik COVID-19 dengan sampel saliva menjadi upaya dan komitmen Kalbe untuk terus mendukung pemerintah mengatasi pandemi COVID-19,” kata Sie Djohan lagi. Namun kini PT Kalbe Farma meluncurkan alat tes COVID-19 dengan menggunakan sampel air liur atau saliva. Tak main-main, alat ini pun diklaim memiliki akurasi setara dengan RT-PCR alias swab PCR.

Adapun, perusahaan farmasi itu memberikan nama untuk alat tersebut, yakni RT-LAMP Covid-19 Saliva. tirto.id – Pemerintah Indonesia dalam waktu dekat akan melaksanakan speedy test atau tes cepat secara massal untuk pemeriksaan imuniglobulin sebagai screening awal. Rapid check ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19, yang hingga saat ini sudah menginfeksi 309 orang di Indonesia. JAKARTA – PT Kalbe Farma Tbk meluncurkan tes COVID-19 dengan hasil tes setara RT-PCR.

Beberapa diminta untuk melakukan metode swab nasofaring yang diambil melalui hidung dan sampel air liur. Beberapa partisipan lain, melakukan metode swab orofaringeal yang dikumpulkan melalui mulut dan air liur. Secara spesifik, metode alat deteksi corona ini mendeteksi asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus corona. Setahun lebih pandemi melanda dunia, beragam inovasi dilakukan untuk bisa hidup berdampingan dengan virus corona.