Deteksi Covid

Alat tes portabel itu seukuran pemanggang roti kecil dan menggunakan teknologi molekuler. Deteksi antibodi itu diklaim mempunyai kelebihan, karena proses sampling relatif cepat, dan digunakan untuk mendeteksi penyakit sudah menyebar di mana saja. “Tingkat akurasi mesin ini bisa mencapai ninety seven persen. Untuk pengujiannya, hanya membutuhkan waktu maksimal tiga menit,” jelasnya. Tiba di pabrik GeNose yang terletak di UGM Science Technopark, Yogyakarta sekitar pukul 12.30 WIB, Ganjar langsung menjajal alat tersebut.

Abbot Laboratories, dalam sebuah pernyataan, mengatakan Administrasi Obat dan Makanan AS telah memberikan otorisasi darurat untuk mulai membuat alat tes yang tersedia untuk layanan kesehatan paling cepat minggu depan. GeNose merupakan inovasi pertama di Indonesia untuk pendeteksian Covid-19 melalui embusan nafas yang aplikasinya terhubung dengan sistemcloud computinguntuk mendapatkan hasil diagnosis secarareal time. GeNose juga mampu bekerja secara paralel melalui proses analysis yang tersentral di dalam sistem sehingga validitas information dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi. Data yang terkumpul di dalam sistem selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemetaan, pelacakan, dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual. GeNose merupakan teknologi pengendus elektronik cepat dan berbiaya rendah, serta dengan sensitivitas tinggi untuk mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas.

Alat tes Covid-19 yang menggunakan air liur, RT Lamp Saliva, dapat mendeteksi varian baru virus corona dari Inggris yang dikenal sebagai B117. Alat pendeteksi virus corona bernama GeNose, yang dibuat oleh para ahli dari Universitas Gadjah Mada , resmi mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan. Seseorang yang dinyatakan positif oleh SpiroNose harus melakukan check polymerase chain reaction reguler untuk memastikan apakah infeksi yang terdeteksi disebabkan oleh virus corona Covid-19. Cara pakainya pengguna harus menghirupnya untuk menunjukkan kemungkinan infeksi virus corona. Hasilnya diketahui dalam satu menit dan sudah diujicobakan di salah satu fasilitas di Amesterdam.

Dalam waktu kurang dari dua menit, hasil sudah keluar dan bisa mendeteksi apakah seseorang mengidap Covid-19 atau tidak. Serta knowledge dari Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro di Yogyakarta hasilnya menunjukkan tingkat akurasi tinggi, yaitu 97 persen. Seorang yang terinfeksi Covid-19 akan berbeda dengan pola embusan napas orang sehat. Menurut Luhut tingkat keakuratan hasil tes Covid-19 dari GeNose mencapai 90 persen. “Ini kerja bagus sekaligus perwujudan UGM Science Techno Park sebagai jembatan antara universitas dan industri serta tempat riset para dosen dan mahasiswa,” kata dia.

Dokter juga akan menanyakan apakah pasien ada kontak dengan orang yang menderita atau diduga menderita COVID-19. Bandingkan dengan tes swab yang hasilnya keluar minimal 2 hari kemudian. Pengetesan dengan GeNose yang hasilnya keluar dengan cepat, juga dijamin akurat.

Alat baru untuk deteksi covid

Saat ini GeNose sudah digunakan di 23 stasiun kereta api, bertambah dari sebelumnya yang hanya 14 stasiun kereta jarak jauh. Sie Johan, Direktur PT Kalbe Farma Tbk menyebut cara ini lebih nyaman dan pengambilan sampel bisa dilakukan sendiri lantaran tidak membutuhkan teknik khusus seperti halnya metode usap . Tapi kalau pada fase Tembak Ikan Terpercaya itu timbul infeksi, anak sulit buang air kecil, sampai membentuk balon gelembung saat anak buang air kecil, harus segera diperiksakan ke dokter ya, Ma. Ini dikarenakan zat-zat tersebut mengganggu sistem endokrin saat kehamilan, Ma. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.