Genose C19 Canggih Banget, Hasilnya Akurat, Biayanya Murah

Mulai dari Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan. Kemudian ada juga di 3 stasiun lainnya yaitu Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo. Dengan begitu, complete stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose menjadi 23 stasiun. “Kan di-upgrade dari situ kan harga pelayanan tadi. Sehingga ketemu rekomendasi harga kisaran Rp ribu itu sudah kami hitung dan mudah-mudahan tidak rugi dengan harga segitu,” kata dia.

Peraturan daerah ini mungkin akan memberikan syarat tambahan yang harus dipenuhi penumpang, baik penumpang yang datang ataupun keluar dari daerah tersebut. Jika ada kesalahan information pada surat keterangan, bukan tidak mungkin kamu akan harus melakukan tes ulang di tempat yang disediakan di bandara. Meski begitu, jika situasi sangat mendesak, kamu tetap bisa melakukan perjalanan antar kota dengan penerbangan domestik asalkan mengikuti syarat naik pesawat yang perlu dipenuhi. Pernyataan Legislator daerah pemilihan Provinsi Sumbar I ini menyusul kabar yang beredar terkait pembatasan kuota penggunaan GeNose sebagai alat tes Covid-19 di Bandara Lampung.

Ketua Tim Pengembang GeNose dari UGM Kuwat Triyana, mengatakan setiap tes membutuhkan waktu TIGA MENIT, termasuk pengambilan napas. Tukang cukur asal Sragen, Suwardi, dipastikan dua kali batal naik haji lantaran kebijakan pemerintah yang kembali membatalkan pemberangkatan pada tahun ini. Dengan penataan fashionable, Pasar Ikan Balekambang Solo diharapkan memiliki standar mutu yang sesuai syarat kesehatan dan ramah lingkungan. Meski hanya mengandalkan hembusan nafas, namun Bambang menjamin akan keakuratannya. Melalui uji validasi, tingkat sensitivas GeNose mencapai sekitar ninety two persen dan tingkat spesifitas mencapai ninety five persen.

Kalau lolos akan mendapat hasil warna hijau dan aman untuk menempuh perjalanan sesuai tujuan. “Di uji klinis tahap pertama, di RS di Yogyakarta tingkat akurasinya dibandingkan PCR take a look at 97%. Saat ini kami sedang melakukan uji klinis yg lebih luas lagi di berbagai rumah sakit. Sehingga kalau tingkat akurasinya tinggi mendekati 100% maka GeNose ini bisa menjadi solusi screening yg nantinya akan mengurangi ketergantungan terhadap PCR test,” terang Bambroj.

Ia hanya mengobservasi partikel-partikel hembusan nafas secara fisik. Puluhan, bahkan mungkin ratusan lembaga penelitian, terjun berlomba untuk menjadi pihak pertama yang menghadirkan e-nose untuk mengendus Covid-19 secara cepat, gampang, dan akurat. Bahkan, di Amerika Serikat, sebuah kolaborasi badan nirlaba menggelar lomba XPrize Rapid Covid Testing Competition, untuk menemukan karya unggulan. Di wilayah Daop 6 Yogyakarta, penambahan lokasi pemeriksaan akan berada di stasiun Lempuyangan sehingga bermanfaat untuk membagi masyarakat pelanggan KA, yang selama ini terkonsentrasi di stasiun Yogyakarta. Antara nggak sabar melepas rindu dengan seseorang, terlambat naik kereta, atau deg-degan sebelum tes Genose. Warga Kabil ini memanfaatkan pemeriksaan GeNose, untuk perjalanan yang dilakukannya ke Pekanbaru, Jumat (9/4).

Genose murah

Acara kick-off-nya digelar di RS Dokter Sardjito Yogya, di akhir Oktober lalu. Untuk mendeteksi massal pandemi Covid diperlukan perkakas tes yang cepat, murah, dan mudah dioperasikan. Salah satu peneliti GeNose, Kuwat Triyana, mengatakan estimasi harga per unit GeNose sekitar Rp40 juta. Saat ini Kuwat dan tim masih menunggu evaluate dan panggilan wawancara dari tim independen Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan izin produksi massal dan edar. Salah satu tim dari Universitas Gadjah Mada telah menemukan alat pendeteksi Covid-19 melalui hembusan nama.

Pada tahap awal dua stasiun telah dipilih untuk menggunakan tes GeNose, yakni Stasiun Gambir; Jakarta dan Yogyakarta. Karenanya, untuk sementara Lanny tetap setuju jika PT KAI tetap memberlakukan persyaratan untuk melampirkan hasil fast test antigen seperti sedia kala. Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo pun buka suara soal kenaikan tarif layanan GeNose. Menurut Didiek, pihaknya hanya menyesuaikan harga demi keberlangsungan penggunaan GeNose di stasiun kereta api. Diketahui, alat GeNose ini dinilai mampu mendeteksi corona melalui hembusan napas sekitar 2-5 menit.

Harga yang jauh lebih murah membuat penumpang rela menggeser jadwal keberangkatan hingga tes Genose ini resmi digunakan. Di bawah pimpinan Profesor Kuwat Triyana, tim gabungan yang terdiri dari sejumlah ahli dari beberapa fakultas itu bergerak tidak lama setelah pandemi Covid-19 menerjang Indonesia. Tanpa harus menunggu lama, piranti baru itu sudah tersedia, lulus hasil uji lapangan dan bisa diperkenalkan ke publik pertengahan Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia Agustus lalu. Kalau pun Pemerintah Singapura meloloskannya, Breathoxin bukan satu-satunya pihak yang menerapkan teknologi hidung elektronik itu untuk mengembangkan piranti tes Covid-19. Di sejumlah negara, lembaga-lembaga penelitian dan universitas masih terus mengembangkan teknik serupa untuk tujuan yang sama. Hidung elektronik itu memang diharapkan lebih cepat hadir, karena tergolong murah dan mudah dioperasikan.

Ketika diketahui positif maka dilihat terlebih dahulu probabilitasnya. Kalau diketahui di bawah zero,6 maka orang tersebut diminta untuk menunggu 30 menit lagi untuk melakukan tes kembali. Probabilitas 0,6 tersebut merupakan positif rendah atau pertengahan. Menurutnya bisa jadi karena data yang terekam dipengaruhi dari makanan yang dikonsumsi.