Genose

Kuwat menyebut, virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan menghasilkan volatile organic compounds atau senyawa organik mudah menguap yang khas. Diberitakan Harian Kompas, 13 Oktober 2020, ditargetkan sebanyak 1.600 orang terlibat untuk diuji sampel napasnya. Masdalina juga menyebut GeNose juga belum mendapatkan penilaian yang disepakati para ahli. Jakarta, CNBC Indonesia – Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Hermawan Saputra mengatakan penggunaan GeNose sebagai screeningawal Covid-19 bagi pelaku perjalanan dinilai tidak tepat.

GeNose dan CePad, lanjut Bambang, dikategorikan sebagai alat untuk melakukan skrining atau deteksi cepat, terhadap keberadaan Covid-19 pada seseorang. GeNose C19 bekerja dengan cara mengambil sampel dari embusan nafas yang kemudian diolah menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Yakni, biaya yang terbilang murah jika harus membandingkan dengan tes corona lainnya. Pengguna Facebook atas nama Bii mengklaim kalau tes Polymerase Chain Reaction , fast, hingga swab menjadi penyebab banyaknya kasus virus covid-19 di Indonesia. Berikut Cek Fakta Liputan6.com merangkum ragam hoaks seputar alat tes covid-19.

Berdasarkan hasil uji profiling dengan menggunakan 600 sampel knowledge valid di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro di Yogyakarta, tingkat akurasi GeNose terbilang mencapai 97%. Tes antigen, atau dikenal dengan tes speedy antigen, bekerja dengan mendeteksi protein tertentu yang terdapat pada permukaan virus. Tes ini efisien, cepat, dan lebih terjangkau dalam hal harga bila dibandingkan dengan tes PCR. Tes ini terutama ditujukan untuk melakukan prognosis klinis pada pasien-pasien yang mengalami gejala-gejala Covid-19 pada lima hari pertama sejak gejala tersebut muncul. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, dan Tim GeNose UGM.

Kelemahan genose sebagai deteksi covid

Setelah penggunaan di stasiun kereta api, selanjutnya penggunaan GeNose disebut Kemenhub akan diperluas ke bandara dan pelabuhan. “Jika sudah uji klinis dan mendapat ijin edar dari Kemenkes, pastikan alat disampaikan pada Satgas bisa menjadi alat tes untuk membantu upaya Indoensia meningkatkan rasio testing,”tegasnya. “Kita jual satu unit GeNose diperkirakan dijual sekitar Rp forty juta. Alat tersebut mampu melakukan sekitar a hundred and twenty kali pemeriksaan per hari, dengan estimasi per pemeriksaan three menit selama 6 jam,” pungkasnya. “Aktivitas bakteri atau virus di dalam jaringan tubuh manusia akan menghasilkan VOC khas. Pola VOC orang sehat akan berbeda dengan orang yang terinfeksi Covid-19,” ujar Dian Kesumapramudya Nurputra, anggota tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada, seperti yang dikutip dari kompas.com. Orang-orang diperiksa dengan menggunakan GeNose C19 ini lebih dulu diminta mengembuskan napas ke tabung khusus.

Yulianto menjelaskan, Genose merupakan inovasi dari UGM dan dipandang efektif sebagai alat uji COVID-19. Sehingga, mampu membantu proses tracing dan testing karena biayanya murah dan cepat serta hasilnya sudah teruji. Alatnya hanya seharga sixty two juta dan harga per orangnya hanya dikenakan sekitar 20 ribu rupiah. Jika pemakaian lebih banyak tentunya costnya akan semakin turun dan nantinya alat ini akan terus dikembangkan sehingga mempunya akurasi yang akan lebih tajam. Dan tentunya kita harus bangga karena ini buatan Indonesia,” jelas Menko Luhut. Alat screening GeNose – menggunakan teknologi berbasis artificial Slot Online Indonesia intelligence yang dikembangkan di Universitas Gadjah Mada.

“PT PIM merupakan koordinator BUMN Wilayah Aceh untuk penanganan Covid-19, ini salah satu cara kita untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani Covid-19. Selain itu, PT PIM dengan bangga dapat mendukung karya anak bangsa,” ungkap Jaka. Saat pemeriksaan dengan GeNose C19, calon penumpang akan diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut ke dalam kantong sebanyak three kali. Langkah tersebut terdiri dari 2 kali pertama pengambilan dan pembuangan napas di dalam masker, kemudian saat pengambilan napas ketiga, napas langsung diembuskan ke dalam kantong hingga penuh.