Konsep Psikologi Pendidikan

Karen Amstrong menyebutkan perpindahan/hijrah ini merupakan titik balik perkembangan pendidikan Islam lebih luas. Kedua, keefektifan dan keefesienan, maksudnya, pen­didikan calon pendidik terdiri dari kalangan arab Quraisy sendiri atau orang yang telah mengenal dan berasimilasi dengan baik ke dalam budaya Quraisy, terutama linguistik Arab di Makah. Pertimbangan tersebut, ber­kaitan dengan materi yang akan disampaikan sesuai dialek Quraisy.

Disebabkan situasi perang yang sering berkecamuk, antara Negara Barat dengan Turki, maka didatangkalah pelatih-pelatih militer dari Eropa sekaligus didirikan pula Sekolah Teknik Militer pada tahun 1734 M untuk pertama kalinya. Upaya transmisi lewat tulisan ini dilakukan karena pada masa itu harga kitab/buku sangat mahal, sehingga seorang murid yang berkeinginan memiliki sebuah buku/kitab Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 maka tidak ada jalan lain kecuali ia harus menyalin dari kitab gurunya. Usaha keras ini menjadi alasan dan bukti akan adanya transmisi ilmu pengetahuan lewat tulisan. Sebagaimana telah dipaparkan di atas, bahwa Nizhamiyah mempunyai potensi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dengan memperhatikan kepada pengajaran aritmetika, seperti juga terdapat di madrasah Muntansyiriyah.

Melalui kajian psikologis kita dapat memahami perkembangan perilaku apa saja yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pendidikan atau pembelajaran tertentu. Di samping itu, kajian psikologis telah memberikan sumbangan nyata dalam pengukuran potensi-potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik, terutama setelah dikembangkannya berbagai tes psikologis, baik untuk mengukur tingkat kecerdasan, bakat maupun kepribadian individu lainnya. Ada sejumlah tes psikologis yang saat ini masih banyak digunakan untuk mengukur potensi seorang individu.

Melainkan lebih untuk melatih kemandirian, dengan mengandalkan kreativitasnya. Kak Seto menolak anggapan bahwa anak yang belajar bisnis sejak kecil, akan menjadi “mata duitan”. Tujuan melatih kewirausahaan sejak dini lebih untuk memberikan kesempatan pada anak untuk tumbuh menjadi pribadi kreatif. Anda juga bisa membuat rencana pengembangan bisnis yang berkesinambungan berdasarkan knowledge keuangan Anda. Lakukanlah pencatatan transaksi melalui proses pembukuan yang benar dan sesuai standar yang berlaku. Sepanjang jalan, seorang pengusaha bahkan dapat mempelajari fungsi dan teknik manajerial baru.

Dahlan mendirikan sekolah mannequin Belanda dengan mengajarkan ilmu-ilmu Islam di samping pelajaran umum. Dari mannequin sekolah Belanda dengan memasukan pelajaran Agama Islam itu, maka disebutlah sebagai Madrasah. Sebenarnya Madrasah yang didirikan di Indonesia sebelum kemerdekaan ialah prototype pendidikan Belanda dengan segala sistemnya.

Dengan kebebasan itu barulah ia leluasa melakukan aktuialisasi diri, menentukan arah dan pengembangan hidupnya. Korupsi merupakan perbuatan yang bertentangan dengan kaidah-kaidah umum yang berlaku di masyarakat. Korupsi memiliki dampak yang masif dalam segala bidang, baik dalam penyelenggaraan negara maupn ekonomi masyarakat maka sangat diperlukan peranan dari segala pihak utnuk memeranginya. Keluarga sebagai komponen masyarakat yang akan meneruskan kelangsungan penyelenggaraan negara dan masyarakat dimasa yang akan datang harus dipersiapkan sejak dini untuk memiliki sikap anti korupsi mulai dari lingkungan pendidikannya. Untuk itu didalam keluarga perlu ditanamkan nilai-nilai anti korupsi yang meliputi kejujuran, kepedulian, kemandirian, kedisiplinan, pertanggungjawaban, kerja keras, kesederhanaan, keberanian dan keadilan. Memang melihat fenomena korupsi yang ada saat ini sepertinya sangat sulit untuk memberantas korupsi yang menggurita dinegeri ini, namun ini adalah tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia untuk memberantasnya karena pemberantasan korupsi bukan hanya tanggung jawab KPK .

Mencoba menerapkan jiwa bisnis dalam kehidupa harian

Orang-orang bijaksana memiliki kemampuan untuk tetap tersenyum dan tertawa dalam proses hidupnya. Dengan perspektif yang baik mereka menempatkan masalah dan tragedi sebagai bagian hidup yang harus diterima dan dijalani. Mereka tidak ingin hidup ini dijalani dengan kaku tanpa kelonggaran pada diri sendiri. Dengan melakukan ini, hidup dapat menjadi lebih fokus pada saat ini tanpa khawatir berlebih akan masa depan. Untuk hidup lebih bijaksana, sesungguhnya kita bisa belajar melalui karakter-karakter orang bijak tersebut.