Rt Lamp Saliva, Inovasi Diagnosa Cepat Covid

Namun Henry menyarankan agar mereka yang ingin menggunakan alat ini berpuasa selama 30 menit agar mendapatkan hasil lebih akurat. Keunggulan yang didapat saat menggunakan produk ini antara lain nyaman karena bisa dilakukan mandiri dan tidak perlu teknik khusus pengambilan sampel. Tak hanya itu, tes ini dapat dengan mudah dilakukan di laboratorium atau klinik pada umumnya. Perangkat tes diagnostik itu juga akan membuat pelacakan KONG4D dan pengujian dapat menjangkau masyarakat di daerah yang minim infrastruktur laboratorium pemeriksaan COVID-19. Untuk melakukannya, orang yang dites cukup memberikan sampel air liurnya di suatu wadah steril yang diberikan petugas. Sampel ini stabil pada suhu ruang, sehingga pengelolaannya akan lebih mudah dan petugas yang mendampingi juga tidak memerlukan pelatihan khusus seperti saat mengambil sampel dengan metode swab.

PT Kereta Api Indonesia membuat aturan baru terkait masa berlaku hasil skrining hasil tes Covid-19 negatif untuk para penumpang. Berdasarkan hasil benchmarking dengan yang telah dilakukan oleh pemerintah negara lain, terdapat empat opsi yang dapat diambil untuk Garuda saat ini. Misi kami adalah meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik melalui produk diagnostik yang inovatif . “Sejauh ini kami mendapatkan hasil yang sangat menjanjikan dalam metode baru ini dan akan jauh lebih nyaman dan lebih murah,” ungkap Eli seperti dilansirReuters.

Alat RT-LAMP ini bisa ditempatkan di fasilitas kesehatan setingkat puskesmas atau klinik kesehatan pratama. Tes diagnostik ini merupakan hasil pengembangan dari Stem Cell & Cancer Institute sebagai unit R&D PT Kalbe Farma. Piranti ini telah melalui uji performa analitik dan klinis di dalam negeri. Akterono Dwi Budiyati, IVD Division Research Manager Stem Cell and Cancer Institute, menerangkan bahwa RT-LAMP Saliva dianggap memiliki performa akurasi yang tinggi, dengan sensitivitas mencapai ninety four persen dan spesifisitas 98 persen.

Untuk interpretasi hasilnya, hanya dengan melihat perubahan warna yang terjadi di dalam tabung reaksi yaitu bila positif akan berubah dari pink menjadi kuning. Interpretasi hasil itu juga bisa dilakukan menggunakan apps yang bisa diunduh secara gratis di Playstore, yang bernama Color Grab. Oleh karena itu, berbagai inovasi untuk melakukan tes COVID-19 yang sangat spesifik, unggul serta dalam waktu singkat sangat dibutuhkan.

Alat deteksi Covid dari air liur

“Kalau tidak salah sekitar 1,5 jam dan ini akan mempercepat dan memberikan kepastian,” ujarnya. Alat ini dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS CoV-2. Teknisnya, pengambilan sampel dilakukan dengan pasien meludah ke wadah yang disediakan dan stabil pada suhu ruangan. Sebelum diambil sampel, pasien disarankan puasa sekitar 30 menit agar hasilnya lebih akurat. “Mudah-mudahan Kalbe Farma melakukan publish marketing survey, artinya terus melakukan pengamatan dan pengujian pada validitas alat ini. Artinya membandingkan hasil pemeriksaan RT-Lamp saliva dengan PCR swab,” ungkap Bambang.

Berbeda dengan tes PCR lainnya yang diambil dari sampel, lendir di pangkal hidung, lendir di pangkal tenggorokan, dan darah di ujung jari. Berbeda dengan tes RT-PCR yang memerlukan sampel usap lendir hidung atau tenggorokan, alat ini hanya memerlukan sampel air liur atau saliva untuk mendeteksi COVID-19. Hasil studi ini juga sudah melaporkan pengujian berbasis air liur menunjukkan akurasi sekitar 99 persen dengan mengindentifikasi kasus negatif virus corona. Alat tes ini tidak membutuhkan alat khusus seperti halnya tes usap RT-PCR atau antigen dengan mencolok memakai cotton bud saat mengambil lendir dari lubang hidung maupun cairan dahak dari tenggorokan. , kemungkinan besar nilai diagnostik saliva berkaitan erat dengan bagaimana sampel saliva diperoleh.

Perangkat tes itu memiliki sensitivitas 94 persen dan spesifitas ninety eight persen sehingga akurat dalam menentukan seseorang positif atau negatif COVID-19. RT LAMP menawarkan keunggulan nyaman, praktis, akurasi tinggi, cepat dan ekonomis dengan hasil pemeriksaan yang bisa diperoleh dalam kurun waktu 1,5 jam. Pusat Medis Sheba mengembangkan alat deteksi Covid-19 baru menggunakan sampel air liur pasien. Salah satu tes Covid yang dinilai lebih efektif untuk deteksi yaitu saliva check. Tak hanya efektif, tes ini juga lebih nyaman karena hanya menggunakan sampel air liur.