Universitas Negeri Semarang Universitas Berwawasan Konservasi

Kami berusaha sepenuh hati agar saatnya nanti warga dunia akan mengenal UNNES karena reputasi sivitas akademiknya di kancah pergaulan global,” kata Rektor UNNES. “Sebagai sebuah Institusi Pendidikan Tinggi, UNNES telah menyiapkan para lulusannya dengan menumbuhkan benih kepemimpinan, memperkuat pohon kepemimpinan, merangkai jejaring pohon kepemimpinan, menghadapi terpaan badai, serta menyemai tunas kepemimpinan baru. Prinsip ini disemaikan, ditanam, serta ditumbuhkan di kampus UNNES, agar buahnya dapat dipetik dan dirasakan oleh masyarakat kelak di kemudian hari untuk menjadi SDM Unggul,” kata Prof Fathur. Prof Fathur menegaskan dengan semangat Rumah Ilmu Pengembang Peradaban UNNES melakukan evolusi dengan integritas memberikan peran keilmuan,nilai, kebudayaan, dan peradaban. “Gotong royong pemerintah dan masyarakat merupakan kunci untuk untuk memulihkan perekonomi Indonesia untuk kesejahteraan rakyat,” ungkapnya. “HOTTalks diselenggarakan untuk menjadi media edukasi bersama dan memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Untuk pengajuan pinjaman ini, BI berkoordinasi dengan OJK meminta penyelenggaraan rapat KSSK untuk mempertimbangkan penilaian OJK tentang informasi terkini tentang financial institution dan rekomendasi BI atas penilaian OJK tersebut. OJK membantu penilaian pemenuhan persyaratan atau kecukupan solvabilitas dan tingkat kesehatan financial institution. Kemudian, BI bersama OJK menilai pemenuhan kecukupan agunan dan perkiraan kemampuan financial institution untuk mengembalikan. Bagi saya, lari adalah olahraga paling murah dan enjoyable, bisa dilakukan beramai-ramai bersama teman.

Untuk menjaga bisnis keluarga agar tetap perofrm

Bagi UNNES, pelaksanaan kerjasama kemitraan baik ditingkat nasional maupun internasional menjadi langkah nyata dalam menegaskan jati diri sebagai kampus bereputasi Internasional. Kedepan, UNNES akan terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama antar lembaga yang diharapkan mampu berdampak bagi pembangunan sumber daya unggul di kampus UNNES dan menjadi sumbangsih bagi masyarakat. Melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan sosialisasi tersebut berjalan dengan lancar. Sosialisasi diharapkan dapat memberikan pemahaman penggunaan SIM KS, sehingga mempermudah pengelolaan data Situs Bola Online kerja sama di tingkat universitas hingga ke prodi atau unit yang dapat dipantau secara terpusat dan dapat menjadi salah satu pendukung pemeringkatan institusi.

Rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, UNNES memiliki konsisten dalam menjalin silaturahmi dengan berbagai pihak. “Mari kita terus berupanya mengalirkan keilmuan sesuai bidang masing-masing untuk kemaslahatan masyarakat. Pada masa pandemi ini kita harus tetap menjamin layanan keilmuan terbaik untuk mahasiswa baik melalui Elena, Zoom, WA grup atau patform lainnya. Titan Ajiyana SPd menyambut baik program ini, agar dapat segera di implementasikan dalam waktu dekat. Pihaknya juga mendukung kerjasama di bidang pengembangan sumber daya manusia dan guru di Yayasan Al Himsya. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman mengatakan Ajang olahraga melalui Bank BTN Tennis Mini Tournament 2020 selain untuk meningkatkan spirit harmoni kerja sama juga untuk mendukung upaya peningkatan imunitas di masa pandemi sesuai anjuran pemerintah.

Rektor UNNES dalam sambutannya mengapresiasi capaian prestasi perwakilan Mapres fakultas, dan Mapres terbaik di tingkat UNNES. Diawali dengan proses penyaringan Mawapres tingkat jurusan, kemudian finalis dari masing-masing jurusan mengikuti seleksi tingkat Fakultas. Setelah itu masing-masing Mawapres I tingkat fakultas berhak mengikuti seleksi tingkat Universitas yang bertempat di Gedung Rektorat yang dilaksanakan secara Luring dan Daring, Senin (1/3). “Saya sangat bangga dengan mahasiswa FH UNNES yang masih sangat antusias untuk mengukir prestasi walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini. Semoga hal ini menjadi pacuan untuk mahasiswa lainnya untuk selalu bersemangat mengukir prestasi” tutur Dekan FH Rodiyah SPd SH MSi.

Rekan-rekan mahasiswa kini dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia yang merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar. Pemberian vaksinasi terselenggara berkat kerja sama UNNES dengan Kodam IV Diponegero, Dinas Kesehatan Kota Semarang, didukung oleh Puslakes UNNES, Puskesmas Sekaran, BEM KM UNNES, Menwa UNNES, dan mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Vaksinasi berlangsung di Auditorium UNNES dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat.

Utomo ST MT selaku dosen pembimbing menyampaikan apresiasi prestasi yang diraih mahasiswa. “Sesuai rilis uniRank, poin pokok dan dasar pemeringkatan diantaranya perguruan tinggi terakreditasi oleh BAN PT, perguruan tinggi menyediakan pendidikan mulai sarjana, magister, dan doktoral, perguruan tinggi melaksanakan pendidikan tatap muka dengan fasilitas gedung yang memadai. Pemeringkatan menggunakan uniRank University Rangking yang sudah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Rangking and excellence. UNNES, imbuhnya, juga memberikan kesempatan bagi para penghafal Al-Quran dan kitab-kitab agama lain untuk diterima menjadi mahasiswa UNNES, pengajian Ahad Pahing juga menjadi majelis ilmu rutin yang terus dipelihara. UNNES juga rutin mengadakan kegiatan sholawat, majelis dzikir, dan lain sebagainya.

Universitas Negeri Semarang akan Mewisuda 1314 orang Wisudawan secara Daring dan hanya lulusan terbaik yang mewakili tiap tiap fakultas untuk hadir besok luring di Gedung Auditorium Prof Wuryanto, Sekaran Gunungpati Semarang Selasa, 17/11. Satu lagi terdapat sebuah pesan motivasi yang menjadi semangat utama dalam KRI nasional tahun ini diutarakan oleh ketua umum tim Robotika Bledheg Ijo KRAI UNNES, Mohamad Irwan sebagai berikut. “Selama menempuh pendidikan di Pascasarjana UNNES kedua mahasiswa asal Libya sangat terkesan dengan alam Indonesia yang sangat indah, lokasi wisata yang cantik, warga yang ramah dan sopan, serta suasana kehidupan yang aman dan damai. Suasana haru dirasakan Sami tatkala menjelang detik detik akhir masa studi dan harus segera meninggalkan Indonesia,” kata Dr Khafid.

Prof Fathur mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membangun Indonesia yang maju bersama BNPT dan UNNES, serta berharap dengan kerjasama ini bisa memberikan peran Untuk Indonesia Maju, pungkasnya. Prof Dr Muchlis Rantoni Luddin MA menyampaikan pokok-pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Menurutnya roh merdeka belajar yaitu memberi otonomi penuh pada perguruan tinggi untuk melakukan usaha yang cerdas untuk menyiapkan lulusannya memasuki kompetisi yang terbuka dan perguruan tinggi diberikan ruang lebar untuk memajukan perguruan tingginya. Untuk itu perguruan tinggi didorong bekerja sama dengan perusahaan maupun instansi. Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS menyampaikan berbagai kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar di masa Pandemi Covid yang mendorong perguruan tinggi untuk melakukan pembelajaran Daring sehingga mahasiswa lebih fleksibel dalam menuntut ilmu. “Semua itu diperlukan untuk mahasiswa agar mereka bisa beradaptasi, fleksibel, mempunyai jiwa pemimpin, memiliki keterampilan membaca, kemampuan menulis , dan kemampuan berbahasa Inggris serta penambahan keterampilan IT.

Pelatihan dilaksanakan di pendopo Desa Purbasana, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, dihadiri 24 anggota penggerak PKK Desa Purbasana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat yaitu jaga jarak, menggunakan masker dan cuci tangan. Yozi A Rahman, selaku Ketua Panitia, menyatakan bahwa jumlah peserta telah memenuhi target yang ditetapkan. Jumlah peserta sebanyak 166 presenter yang berasal dari empat negara; yaitu Indonesia, Australia, Taiwan dan Malaysia. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan pemaparan materi oleh para pembicara saja, akan tetapi para peserta dapat mempresentasikan hasil penelitiannya secara daring. Selain itu juga, dilakukan Workshop yang memberikan panduan dan strategi untuk dapat mempublikasikan di jurnal-jurnal bereputasi.